Laporan : Yatiman

Cimahi, metropuncaknews.com – Polres Cimahi bersama Dishub Kota Cimahi dalam rangka kesiapan Operasi Lilin 2018 dan Tahun Baru 2019, melakukan kegiatan gabungan pengawasan, himbauan dan pemeriksaan terhadap sarana angkutan umum, sewa khusus (online) dan angkutan barang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di terminal dan ruas jalan di wilayah Kota Cimahi, Jumat (6/12) kemarin.

Kegiatan ini dilakukan secara mobile/hunting. Mulai dari ruas jalan gedung empat, jalan pasar antri, jalan stasion kereta api Cimahi, jalan HMS Mintaredja Baros dan terminal Cimindi.

Sasarannya adalah kendaraan sarana angkutan umum, sewa khusus (online) dan barang di terminal dan yang parkir di ruas jalan larangan parkir dan larangan berhenti.

Selain itu juga untuk kesiapan operasi lilin dan menyambut Tahun Baru 2019, Polres Cimahi bersama Bidang Angkutan Dishub Kota Cimahi serta Polisi Militer yang tergabung melakukan pemeriksaan kendaraan. Yaitu, memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan dan persyaratan teknis dan laik jalan. Yaitu meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu mundur, lampu tanda batas dimensi badan kendaraan, lampu gandengan, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, kedalaman alur ban, kaca depan, spakbor, bumper, penggandengan, penempelan, atau penghapus kaca kendaraan sarana angkutan umum, sewa khusus dan barang.

Selain itu juga Polres Cimahi melakukan penindakan secara hukum bagi kendaraan sarana angkutan umum, sewa khusus dan angkutan barang yang melanggar rambu parkir dan rambu larangan berhenti.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat selaku pengemudi dan pengusaha terhadap UU no 22 th 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sehingga akan tercipta lalu lintas yang tertib.

Selain itu, juga terciptanya kondisi Kamseltibcarlantas yang tertib dan berkeselamatan dalam berkendara di jalan raya. Juga diharapkan ‎para pengemudi untuk memahami kegiatan tersebut adalah bertujuan untuk terwujudnya Keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here