Laporan : Dhani

Cianjur, metropuncaknews.com – Polres Cianjur Polda Jabar menggelar simulasi pengamanan dan pengawalan VIP Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Cianjur. Kegiatan tersebut diselenggarakan di halaman Mapolres Cianjur, Kamis (04/09).

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai persiapan menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Cianjur.

Wakapolres Cianjur Kompol Hilman Muslim mengatakan, salah satu dari bagian yang memang harus dipersiapkan dalam rangkaian Pilkada ini, yaitu menyiapkan pengawal pribadi (Walpri). Nantinya akan dilekatkan kepada masing-maing pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati.

” Itu adalah bukti bahwa Polres Cianjur siap melaksanakan, atau mengamankan jalannya Pilkada di Cianjur. Sehingga Pilkada bisa berjalan dengan aman, damai, dan demokratis,” kata Hilman

Hilman menuturkan, simulasi pelatihan yang dilaksanakan hanya beberapa bagian saja yang ditampilkan. Karena dalam pelatihan sebelumnya banyak yang dilatihkan kepada anggota untuk Walpri.

” Walpri itu hanyalah salah satu bagian dari pengawalan itu sendiri. Karena dalam pengawalan itu kan tidak hanya Walpri saja, tetapi ada pengawalan dari lalulintas, kemudian ada tim-tim lainnya yang dilekatkan, sehingga dalam  pengawalan VIP kami siapkan tim yang lengkap,” tuturnya.

Hilman menilai, untuk kemampuan dari para anggota sudah otomatis. Walaupun para anggota pada dasarnya masing-maisng orang sudah pernah dilatih serta sudah dibekali dengan berbagai kemampuan. Kendari demikian dalam pelaksanaannya senantiasa harus merefres keterampilan anggota. Karena kalau tidak dilatih berulang-ulang mungkin lupa, kaku, dan sebagainya.

” Ini adalah momen yang tepat kami gunakan dalam rangka Pilkada. Nah, otomaris kami refres kembali, kita segarkan kembali sehingga anggota kita siap melaksanakan tugas-tugas itu,” ujarnya.

Hilman juga mengungkapkan, untuk potensi kerawanan sama seperti Pilkada di daerah lain. Menurutnya banyak persaingan dalam Pilkada. Demikian juga tentunya untuk di wilayah hukum Polres Cianjur itu sudah diantisipasi semua.

” Tentunya untuk antisipasi kerawanan-kerawanan tersebut kita akan lebih mengedepankan kegiatan proventif,” ungkapnya

Selanjutnya Hilman mengatakan, untuk pengawalan Walpri yang melekat itu nantinya di masing-masing bakal pasangan calon akan ditempatkan empat personil. ” Jadi untuk calon bupatinya dua orang, dan calon wakil bupatinya dua orang,” ujarnya menegaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here