Kapolda Jabar saat memberikan keterangan pers dalam Konpers terkait dugaan korupsi dana hibah di Tasikmalaya

Laporan : Yatiman 

Bandung, metropuncaknews.com –Dirreskrimsus Polda Jabar Gelar Kon Pers Dugaan Tindak Korupsi Dana Hibah Organisasi Kemasyarakatan Kabupaten Tasikmalaya TA 2017 untuk 21 yayasan dengan jumlah dana hibah sebesar RP.3.900.000.000.(tiga milyar sembilan ratus juta rupiah). Dana tersebut bersumber dari dana APBD Kabupaten TasikmalayaTA.2017,

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kapolda Jabar Drs.Agung Budi Maryoto,M.Si didampingi Wakapolda Jabar, Dirreskrimsus Polda Jabar, Kabid Humas Polda Jabar dan Pejabat Utama Polda Jabar. Konpers tersebut digelar di Aula Mungpulung Mapolda Jabar, Jumat (15/11).

Kapolda dalam Konpersnya memaparkan, penyidik Dirreskrimsus Polda Jabar telah menetapkan 9 orang tersangka ASN. Termasuk Sekda Kab  Tasikmalaya dan 5 tersangka lain dengan beberapa barang bukti dari masing masing para tersangka yang memperoleh sejumlah uang dengan jumlah yang berbeda.

” Kasus itu terjadi pada tahun 2017 di Kabupaten Tasikmalaya pada saat  menganggarkan hibah dengan nama kegiatan belanja dana hibah organisasi kemasyarakatan yang bersumber dari APBD Kab Tasikmalaya untuk tahun 2017 untuk instansi, organisasi kemasyarakatan dan lembaga keagamamaan se Kabupaten Tasikmalaya,” kata Kapolda.

Dalam kegiatan belanja dana hibah Ormas dan hibah untuk 21 yayasan/lembaga keagamaan  yang di duga di selewengkan atau di salahgunakan oleh beberapa oknum yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara dan warga sipil. Sehingga menimbulkan kerugian negara sebesar Rp.3.900.000.000.(tiga milyar sembilan ratus juta rupiah)

” Setelah melakukan pemeriksaan terhadap 39 orang saksi, kemudian kami lakukan penyitaan barang bukti berupa, 2 Unit motor,1 unit mobil toyota kijang, sebidang tanah seluas 82 (delapan puluh dua) meter persegi berikut sertipikat, uang tunai sebesar Rp.1.951.000.000.000.(satu milyar sembilan ratus lima puluh satu juta rupiah) dan dokumen sebanyak 128 macam,” kata Agung

Selanjutnya sebagai tindak lanjut, penyidik sudah menerima surat P-21 dari Kejati dan Ditreskrimsus Polda Jabar melakukan penahanan terhadap 9 orang  tersangka untuk pelimpahan tersangka dan Barang Bukti Tahap II ke Kejati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here