Laporan :Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Hujan deras disertai angin kencang, membuat pohon mahoni yang berdiri di pinggir jalan raya Ciranjang – Bandung, tumbang. Tepatnya pohon yang berada di depan Pom BBM Kampung Andir Desa Cibiuk Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, Selasa, (9/2/2021) sekira pukul 15.00 WIB. Ironisnya, tumbang pohon tersebut menimpa truk box tronton No. Pol – B-9818 – XTX, yang sedang diparkir.

Kejadian tersebut, mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas. Terlebih ketika mengevakuasi pohon tumbang. Tak ada korban jiwa pada kejadian tersebut.  

Informasi yang dapat dihimpun, truk melaju dari arah Bandung menuju Cianjur. Pengemudi ingin istirahat karena hujan deras yang disertai angin kencang. Truknya diparkir di pinggir jalan dibawah pohon mahoni. Namun baru juga sopir keluar dari mobinya, seketika pohon mahoni dengan diameter 40 Cm tumbang di sapu angin kencang, hingga menimpa bagian depan truk.

Sontak, sopir truk berteriak minta tolong pada orang yang sedang nongkrong di warung kopi pinggir jalan. Tak lama arus lalu lintas kendaraan mendadak macet, karena sebahagian dahan pohon tumbang menghalangi jalan raya.

Beberapa saat kemudian, datang petugas dari  Polsek Ciranjang, PUPR Wilayah IV Ciranjang dan pihak Kesehatan Ciranjang.  “Petugas datang untuk membantu mengurai arus lalu lintas dan mengevakuasi pohon tumbang, “ ucap  petugas PUPR Wilayah IV Ciranjang, Saepul.

Sementara itu, Kapolsek Ciranjang Kompol Kuslin, S.H menambahkan,  pihaknya mengetahui adanya pohon tumbang menimpa satu unit truk box toronton itu, berkat adanya informasi dari warga setempat.

Setelah datang ke tempat kejadian, memang benar adanya. Nampak ada pohon tumbang menimpa truk. Diduga kuat, hal itu terjadi itu akibat hujan deras, disertai angin kencang dan kondisi batang pohon yang tumbang sudah lapuk.

Kejadian itu, sempat membuat arus lalu lintas tersendat. Utamanya saat pihak PUPR Wilayah IV Ciranjang melaksanakan evakuasi pohon tumbang. Tapi hanya selama 30 menit. Setelah itu arus lalu lintas normal kembali seperti semula. Beruntung tak ada korban jiwa pada kejadian tersebut. Hanya bagian atas depan truk mengalami rusak ringan.

Adanya kejadian tersebut, Kapolsek mengimbau pada dinas terkait, agar sering melakukan pemeriksaan pohon yang tumbuh di pinggir jalan raya. Juga kepada pengguna jalan harus waspada jika berteduh dibawah pohon di pinggir jalan. “ Teruatama saat hujan tebat dan ada angin kencang. Karena sering terjadi pohon tumbang,’ ujarnya.

Dilain pihak, sopir truk box tronton, Junaedi (45) mengatakan, ia dari Tasikmalaya menuju Ciawi Bogor. Namun baru sampai di Ciranjang, terjadi musibah. Truk yang dibawanya tertimpa pohon tumbang.

“ Untuk sementara saya mengurungkan kepergian ke Ciawi Bogor, karena akan melapor dulu pada majikan, mungkin besok akan diteruskan kembali,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here