Laporan : Shandi/Andri

Cianjur, metropuncaknews.com – Seringnya pohon yang berada di pinggir jalan tumbang di sejumlah daerah di Kabupaten Cianjur, membuat pengguna jalan was was ketika melintasi jalan yang terdapat pohon-pohon tua. Terlebih belakangan ini sering terjadi hujan yang disertai angin kencang.

Satu diantaranya, pohon tua yang berada di pinggir Jalan Jangari Kampung Ciroyom, Desa Bobojong Kec. Mande, Cianjur. Pohon tersebut sudah hampir tidak mempunyai batang penopang, dengan kondisi pohon yang tua dan batang bawah berlubang, dikhawatirkan ketahanan pohon itu sudah sangat berkurang.

Melihat kondisi dan faktor cuaca seperti sekarang ini, jelas membuat para pengendara kendaraan bermotor, merasa was-was saat melalui jalan tersebut. Khususnya saat hujan turun.

Seorang pengendara mobil mengaku trauma, karena pernah melihat langsung terjadinya angkutan umum yang tertimpa pohon di Jalan Raya Cianjur – Bandung Km. 4 Bojong Cianjur, beberapa waktu lalu.

” Sebagai pengguna jalan, saya menghawatirkan hal tersebut, makanya dinas  terkait dalam menyikapi masalah ini harus bisa melakukan pencegahan sebelum memakan korban, soalnyakan sekarang musim hujan terus angin juga kencang, kalau boleh jujur saya masih trauma dengan adanya kejadian angkot tertimpa pohon tumbang kemari, ” aku Iyang Permana pengendara R.4 saat ditemui awak media, Rabu (21/11, disebuah warung sekitar lokasi.

Karena itu, Iyang mohon perhatiannya dari dinas terkait, untuk menanggapi hal ini dengan serius. “ Lihat saja pohon bagian bawahnya sudah berlubang. Demi keamanan dan kenyamanan pengendara baiknya, mending ditebang saja dari pada nanti tumbang dan memakan korban jiwa,” pungkasnya.

Sementara, Asep salah seorang karyawan pabrik mengatakan, benar kejadian di Bojong kemarin itu membuat kita takut dengan adanya pohon besar yang sudah tua dipinggir. Terlebih sering terjadi hujan disertai angin kencang. “ Jadi hematnya lebih baik ditebang saja sebelum memakan korban jiwa, ” tambahnya sewaktu berteduh di warung yang sama.

Sejauh ini, usaha yang dilakukan dinas terkait memang sudah berjalan. Seperti, pemangkasan dan penebangan pohon yang berada di pinggir jalan. Terutama yang mengenai kabel. Namun sangat disayangkan upaya tersebut bisa dikatakan masih lamban. Karena  harus menunggu laporan warga dan adanya korban pasca pohon tumbang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here