Sosialisasi tentang netralitas PNS TNI AD dalam Pilkada maupun Pemilu yang di gelar Kodam III/Siliwangi di Aula Wijaya Kusuma Ajendam III/Siliwangi di Jln Boscha Kota Bandung

Repoter : Yatiman

Bandung, metropuncaknews.com – Jelang Pemilu dan Pilkada, sering ditemukan dugaan keberpihakan pada salah satu calon kepala daerah yang dilakukan oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal tersebut mendasari diselenggarakannya sosialisasi tentang netralitas PNS TNI AD dalam Pilkada maupun Pemilu. Meski PNS TNI AD tersebut mempunyai hak dalam pesta demokrasi ini.

Menjelang digelarnya Pilkada Serentak, petinggi TNI AD kembali mengingatkan agar PNS dilingkungannya mematuhi aturan yang telah ditetapkan pada pasal 3 Undang-Undang No 43 tentang Pokok Pokok Kepegawaian dan Peraturan Pemerintah No.53 Tahun 2010 tentang disiplin PNS serta UU No.5 Tahun 2014 tentang Aparatur Negara.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kodam III/Siliwangi menggelar acara sosialisasi Pokok-Pokok Organisasi dan Prosesdur Korpri TNI AD serta Netralitas PNS AD dalam Pilkada Serentak Tahun 2018. Acara tersebut digelar di Aula Wijaya Kusuma Ajendam III/Siliwangi di Jln Boscha Kota Bandung, Jumat (16/03) dan dikuti 200 orang perwakilan PNS TNI AD di wilayah Kodam III/Siliwangi.

Aspers Kasad Mayor Jendral Subiyanto dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Pabandya-/Watpers Spaban Vibin PNS Spersad Letkol CAJ Andi Mansur,S.Sos mengatakan, dalam menghadapi Pilkada Serentak 2018, sebagai bagian dari Aparatur Sipil Negara harus bersikap netral.

Sementara Ka Ajendam III/Siliwangi Kolonel CAJ Kris Doni Indiarto,SIP mengatakan, PNS Kodam III/Siliwangi yang merupakan bagian dari PNS TNI AD, dituntut  untuk menjaga netralitas.Sehingga kepercayaan rakyat terhadap TNI terus terjaga.

“ Sosialisasi ini hendaknya dapat menjadi motivasi dan inspirasi  untuk memantapkan etos kerja PNS,” kata Doni.

Pada kegiatan tersebut para PNS mendapat penjelasan  tim penyaji dari Staf Umum AD tentang hak yang bisa diperoleh serta kewajiban PNS yang juga sebagai anggota Korpri.

Dalam sosialisasinya Wakil Ketua Unit Korpri TNI AD, Pembina IV/a Sartono memberikan informasi yang ditanggapi beberapa peserta secara spontan. Selanjutnya, PNS Sutrisno yang juga Ketua Korpri Korem 064/ Maulana Yusuf menjelaskan  tentang dukungan kegiatan pembinaan Korpri juga melaporkan kegiatan yang telah dilakukan. Selain sebagai anggota Korpri di bawah struktur Korpri Kodam III/Siliwangi, Korpri Korem 064/MY Juga menjadi Korpri TNI yang berada di Provinsi Banten.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here