Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Resti Mahesati (23) seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kampung Karang Anyar RT 04/01 Desa Tanjungsari Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur, meninggal dunia di Serdang Malaysia. Jasad almarhumah Resti dipulangkan dan tiba di rumah duka, Jumat (18/6/2021) sekira pukul 23.30 WIB.

Menurut keterangan, almarhum Resti meninggal dunia akibat sakit lambung. Resti sempat dirawat selama 17 hari di Hospital Serdang Kuala lumpur Malaysia.

Ayah almarhumah Solihin (50) mengatakan, almarhumah Resti  Mahesati berangkat ke Malaysia 3 tahun yang lalu. Resti bekerja sebagai karyawati di salah satu perusahaan milik warga setempat.

Namun sayang, niatan untuk membantu ekonomi keluarga, Tuhan berkehendak lain. Resti Mahesati harus pulang kerahmatullah mendahului keluarganya, meninggal dunia akibat sakit lambung.

Pada bulan Ramadhan, ketika 14 hari dirawat di rumah sakit Resti sempat ingin pulang karena mengalami sakit lambung. “ Namun tidak bisa karena terkendala Covid-19,” ucap Solihin.

Ia meneruskan, mengenai hak almarhumah Resti, sekarang itu baru diberikan sisa gajinya saja. Sedangkan hak lainnya belum ada.

Solihin juga mengatakan, kepulangan almarhumah dibantu pihak sponsor dan pihak PT yang memberangkatkan almarhumah. Tapi belum ada kepastian hak-haknya dipenuhi. “ Kami berharap, hak anak saya dapat dipenuhi sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjungsari, Waldi Akbar Yacob membenarkan, adanya warga Desa Tanjungsari yang meninggal di Malaysia sebagai PMI.

Penjemputan jasad almarhumah Resti ke Bandara Sukarno Hatta menggunakan ambulan Desa Tanjungsari didampingi perangkat desa.

Jasad almarhumah sampai di rumah duka sekitar pukul 23.30 WIB. Selanjutnya dimakamkan  di pemakaman umum milik warga setempat yang tak jauh dari rumah duka.

Waldi berharap, peran pemerintah daerah dan pusat sangat dibutuhkan serta penting agar hak-hak para PMI terjamin.

” Ini yang kedua kalinya di Desa Tanjungsari ada PMI yang meninggal, sebelumnya meninggal di Arab Saudi sekarang di Malaysia. Jadi perhatian pemerintah sangat dibutuhkan agar terjamin saat bekerja diluar negeri,” ujarnya menegaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here