Penandatangan naskah serah terima pekerjaan dan pemukulan kentongan oleh Plt. Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz.

Liputan : Yatiman

Kebumen, metropuncaknews.com –  Plt Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz didampingi seluruh jajaran Forkopimda Kab. Kebumen resmi membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2018.  Tema yang diusung pada kegiatan ini adalah “Manunggal Membangun Karakter Generasi Mileneal”. Upacara kegiatan tersebut digelar di lapangan Desa Sidomukti Kec. Kuwarasan Kab. Kebumen, Selasa (10/07).

Kegiatan tersebut ditandai dengan penandatangan naskah serah terima pekerjaan dan pemukulan kentongan oleh Plt. Bupati Kebumen KH. Yazid Mahfudz. Acara berlangsung cukup khidmat. Selain jajaran Forkopimda Kab. Kebumen, upacara juga melibatkan 2 SST Kodim 0709/Kbm, 1 SST Secata Gombong, 1 SST Polres Kebumen, 1 SST Korpri, 1 SST Satpol PP, 1 SST Linmas, 1 SST FKPPI, 1 SST siswa SMA, 1 SST siswa SMP, 1 SST siswa MTs, 1 SST Pramuka dan 1 SST perangkat desa, perangkat kecamatan ditambah warga masyarakat se Kec. Kuwarasan.

Gubernur Jawa Tengah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Inspektur upacara KH. Yazid Mahfudz mengatakan, program TMMD ini memiliki komitmen sebagai sinergitas lintas sektoral yang diprakarsai TNI AD sebagi prajurit yang penuh pengabdian untuk rakyat. Kegiatannya didukung oleh kerjasama lembaga pemerintah non kementrian dan pemerintah daerah. Selain itu juga didukung oleh segenap lapisan masyarakat lainnya.

TMMD telah memberikan banyak keteladanan akan betapa pentingnya membangun kerjasama dan gotong royong dalam membangun sebuah bangsa. Saling bahu membahu memberikan kepercayaan, ide kreatif, pemikiran cerdas, sumbangan gagasan, tenaga juga sumbangan materi dan kebendaan untuk sebuah desa yang bermartabat dan lebih maju.

Upaya lain dalam kegiatan ini bukan saja pada bidang fisik semata, melainkan pada bidang non fisik. Tujuannya agar masyarakat disegarkan kembali tentang kesadaran hidup berbangsa dan bernegara. Disamping  itu melalui kegiatan TMMD merupakan jalan menuju kepada pengentasan kemiskinan. Disana ada beberapa rumah masyarakat yang tidak layak huni menjadi layak ini.

Hal ini tidak terlepas dari campur tangan TNI AD yang begitu peduli dan bertanggungjawab dalam membantu mensejahterakan warga di pedesaan. “ Sungguh prestasi yang luar biasa dan patut dibanggakan serta menjadi contoh yang baik,” kata Gubernur.

Selanjutnya, Gubernur mengatakan, TMMD juga mampu memicu para generasi muda untuk kembali bangkit sebagai pekerja keras tanpa mengenal lelah untuk mensejajarkan desanya dengan desa lain agar sektor fasiltas umum tidak ketinggalan dengan desa lain.  Sehingga mampu membakar kepedulian terhadap lingkungan.

Generasi muda sekarang sudah banyak yang hanyut dalam akrabnya teknologi komunikasi dan informasi yang sarat dengan berita hoax, hatte speech dan bully. Ini semua akan dibentengi oleh TNI melalui kegiatan pemahaman nilai-nilai Pancasila dalam wadah kegiatan bela negara yang akan digelar mengiringi kegiatan TMMD ini.

Jadi TMMD bukan saja semata-mata membangun masyarakat secara fisik saja, namun TMMD juga mampu membangun martabat dan karakter masyarakat agar memiliki semangat, berjiwa patriot dan percaya diri. Hingga mampu mengelola potensi diri dan desanya lebih maju sebagai benteng dalam menghadapi ancaman dan tantangan globalisasi saat ini.

TMMD juga menginginkan masyarakat hidup lebih sejahtera dan damai. Sebagai daya tangkal dan daya cegah dari berbagai pengaruh negatif yang menghantui persatuan, kesatuan, kegotong royongan dan ke Bhinneka an. TMMD telah mampu memberikan kontribusi penting di negeri ini, itulah tujuan dari terintegrasinya TMMD ini. “ Selamat bertugas, selamat berkarya, maju terus tetap semangat,“ pungkasnya.

Usai upacara pembukaan TMMD, Plt Bupati kebumen dan segenap jajaran Forkopimda langsung meninjau lokasi sasaran fisik pembuatan jalan rabat beton sepanjang 624,95 m di Desa Sidomukti, Kec. Kuwarasan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here