Plt Bupati Kebumen didampingi Kadis Kelautan & Perikanan saat melakukan kunjungan ke kelompok nelayan diDesa Sempor

Laporan : Yatiman

Kebumen, metropuncaknews.com – Pemerintah Kabupaten Kebumen melalui Dinas Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan hibah sarana dan prasarana perikanan,  benih dan pakan ikan pada kelompok pembudidaya ikan Desa Sempor, Senin (17/9). Bantuan ini diserahkan langsung secara simbolis oleh Plt.Bupati KH.Yazid Mahfud didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kebumen Drs.La Ode Haslan serta disaksikan sejumlah kepala OPD,  para kepala desa, camat, masyarakat nelayan serta institusi terkait lainnya.

Plt.Bupati dalam sambutannya mengatakan, pada tahun ini sejumlah desa telah mendapatkan bantuan sarana prasarana, benih dan pakan ikan. Dan saat ini diberikan pada Desa Sempor Kecamatan Sempor berupa 3 unit keramba jaring apung, 40 ribu benih ikan nila, serta 18.500 kg pakan nila dengan total nilai Rp.665.564.000,-. Dana tersebut diambil dari hibah APBD. Bantuan tersebut diberikan untuk tiga kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan).

Pada kesempatan tersebut Plt Bupati mengatakan, Waduk Sempor memiliki peluang ekonomi yang cukup tinggi. Sudah semestinya dimanfaatkan secara optimal dalam mengembangkan sektor perikanan. Sehingga diharapkan nantinya  dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Karena itu, masyarakat harus bisa menggali potensi perikanan secara optimal di Waduk Sempor ini.

“ Maka dengan diberikannya bantuan sarana dan prasarana serta benih ikan ini diharapkan masyarakat nelayan dapat meningkatkan produksi perikanan, serta produksi ikan dapat lebih bernilai ekonomis tinggi. Saya minta bantuan ini agar dijaga dengan sebaik-baiknya demi keberlangsungan pemanfaatannya lebih lama,” papar Plt. Bupati.

Selanjutnya Plt.Bupati juga menjelaskan, selain memberikan bantuan sarana prasarana, benih dan pakan ikan, juga diberikan santunan pada nelayan korban meninggal dunia akibat musibah laut yang terjadi pada 2017 lalu.

” Korban meninggal mendapat santunan Rp.160 juta dan cedera terselamatkan senilai Rp.5 juta dari perusahaan asuransi PT.Jasindo,” ungkap Plt. Bupati.

Selain itu Pemkab Kebumen juga memberikan bantuan berupa ikan konsumsi kepada keluarga miskin, ibu hamil dan balita miskin. “Total bantuan ini senilai Rp. 24 juta yang diberikan kepada Desa Karanggayam dan Desa Pagebangan Kecamatan Karanggayam, serta Desa Kedungdowo Kecamatan Poncowarno,” jelas Plt.Bupati.

Terkait dengan pelaksanaan demokrasi politik pada 2019 mendatang, Plt. Bupati mengingatkan pada seluruh masyarakat Kebumen, khususnya masyarakat Kecamatan Sempor agar senantiasa menjaga iklim kondusif. Turut berpartisapasi sesuai dengan hati nuraninya masing-masing. Baik dalam pelaksanaan Pilpres mau pun pada pelaksanaan Pileg.

Selanjutnya Plt. Bupati didampingi Kadislutkan Kebumen, Drs. La Ode Haslan secara simbolis melakukan tebar benih ikan nila sebanyak 5000 ekor dari 40 ribu ekor di Waduk Sempor  untuk masyarakat nelayan Desa Sempor pada tahun 2018 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here