Laporan : Sandi/Dhani

Cianjur, metropuncaknews.com – Sepekan sebelumnya Kadis Perhutani (Dishut) Jabar melakukan kunker ke Pantai Cemara Udang Cipanglay Cianjur Selatan. Kini giliran Plt Bupati Cianjur H.Herman Suherman mengunjungi kawasan wisata tersebut, Selasa (22/06).

Menurut informasi, rencana kedepannya kawasan wisata yang terletak di Desa Cidamar Cidaun Cianjur Selatan Jawa Barat itu, akan segera dilembagakan untuk dijadikan lokasi wisata baru di Kabupaten Cianjur.

Untuk merealisasikannya, Plt Bupati Bupati Cianjur bersama dengan Dinas Pariwisata akan berkolaborasi dengan Dishut Jabar untuk menata atau mengembangkan lokasi wisata tersebut. Terlebih kawasan wisata yang satu ini masih terbilang perawan di wilayah Kabupaten Cianjur khususnya di Cianjur Selatan.

Pada kesempatan itu Herman mengatakan, Pantai Cemara Udang Cipanglay itu merupakan aset wisata yang masih baru. Sehingga harus benar-benar dijaga, ditata dan dirawat dengan baik. Jangan sampai menjadi kumuh. Kedepannya pihak Pemerintah Kabupaten Cianjur akan mennsupport dalam segi infrastukturnya dan lainnya.

” Lokasi wisata Hutan Pantai Cemara Udang ini bisa dikatakan sangat setrategis, artinya tidak jauh dari pusat Kecamatan Cidaun. Jadi kami meyakini lokasi wisata ini akan maju. Nah, maka dari itu saya mengajak masyarakat di Kecamatan Cidaun, untuk bersama-sama untuk merawatnya,” kata Herman.

Ia juga mengatakan, Pohon Cemara Udang yang ditanam itu pada saat dirinya menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Cianjur. Kini sudah tumbuh dengan bagus dan terawat dikelola oleh masyarakat yang tergabung di Kelompok Tani Hutan (KTH) Mandiri Cidamar serta para pemuda.

” Lokasi wisata ini akan menjadi aset daerah baru setelah adanya pemekaran Cianjur untuk menambah Pendapatan Anggaran Daerah (PAD). Apalagi disekitaran daerah tersebut terdapat lapangan udara milik Ibu Susi Pudjiastuti mantan Menteri Kelautan & Perikanan (KKP). Jadi saya meyakini Pantai Wisata Cemara ini akan menajdi lokasi pantai besar,” ungkap Herman.

Ia melanjutkan, untuk akses jalan menuju lokasi pantai, tadi pihaknya melihat kondisi jalannya masih sempit. Hanya berukuran 3 meter lebarnya. Jadi harus diperlebar. Tinggal ada kesepakatan semua masyarakat setempat saja untuk memperlebarnya.

” Diharapkan masyarakat mau menghibahkan tanahnya untuk jalan, sehingga pejalan kaki juga bisa lewat trotoar jalan apabila mau masuk ke lokasi wisata pantai tersebut. Keuntungan bagi masyarakat kedepannya harga tanah juga akan menjadi mahal apabila penataan pantai bagus dan menjadi besar,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here