Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknwes.com – Plt Bupati Cianjur Herman Suherman menggunakan bahasa Sunda dalam sambutannya di acara seremonial launching Scanjabar dan Scancianjur. Acara tersebut digelar di Rest Area Naringgul Desa Bale Gede Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, Minggu (21/02).

Mendengar seperti itu, sontak membuat semua orang yang hadir dalam kegiatan tersebut keheranan. Lantaran dalam acara resmi Herman Suherman berbahasa Sunda dalam sambutannya.

Usut punya usut, apa yang dilakukan Herman Suherman, tanggal 21 Februari 2021, merupakan Hari Bahasa Ibu Intenasional. Karena kita di Jawa Barat, maka digunakanlah bahasa Sunda.

“ Dinteun ayeuna kunaon abdi nyarios basa Sunda, kusabab eta basa indung abdi anu kaleresan ayeuna poe basa indung intenasional (kenapa hari ini saya berbicara bahasa Sunda, karena itu merupakan hari bahasa ibu saya, kebetulan hari ini merupakan Hari Bahasa Ibu Intenasional),” terang Herman Suherman pada wartawan.

Selanjutnya Herman mengatakan, ia merasa prihatin dengan bahasa Sunda saat ini. Karena anak-anak di rumah sebagian besar banyak yang menggunakan bahasa Indonesia. Sudah jarang yang menggunakan bahasa ibu.

“ Kedepan saya mau bahasa Sunda ini, menjadi tuan rumah di Cianjur, silahkan lihat saja nanti,” ujarnya.

Terakhir, Herman Suherman mengatakan, dalam rangka mempertahankan bahasa Sunda di Kabupaten Cianjur. Ia berencana akan membuat peraturan bupati tentang bahasa sunda dan memakai baju adat sunda.

“ Dalam rangka memelihara bahasa Sunda, kami akan membuat Perbup. Nanti, saya akan kita bicarakan dengan sejumlah pihak mengenai rencana ini. Intinya, kita harus peduli dan memelihara bahasa Sunda di Cianjur, jangan sampai hilang,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here