Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknewscom – Paguyuban Kujang Pusaka Nusantara (PKPN) Cianjur, mengadakan pameran barang pusaka nusantara dan barang antik serta batu akik di area Pasar Induk Cianjur.

Pembukaan pameran yang dibuka pada hari Jumat, 7 Januari 2022 tersebut, dihadiri berbagai kalangan, mulai dari ketua ormas kesundaan, budayawan, Kepala Dinas dan anggota kepolisian.

Kepada wartawan, Sekretaris PKPN Cianjur Anditar mengatakan, rencana pameran tersebut akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 7 sampai 9 Januari 2022.

“Selain dari Pameran Pusaka Nusantara dan barang antik serta batu akik, yang utama dari kegiatan ini adalah untuk melestarikan dan menyadarkan masyarakat supaya lebih mengenal pusaka-pusaka Indonesia, khususnya dari tanah Pasundan (Jawa barat),” katanya.

Ia menerangkan, pameran tersebut adalah kegiatan rutin setiap satu tahun sekali yang diberi nama singkat yaitu JAMNAS. Dalam pelaksanaannya, banyak diikuti peserta dari luar Cianjur yang turut serta menyemarakkan, memamerkan pusaka-pusaka ciri khas daerahnya masing-masing. Khususnya pusaka khas Tanah Pasundan.

“Acara ini terbilang sangat dadakan tapi kami bersyukur, bisa dihadiri oleh beberapa Paguron dan Pagayuban dari beberapa wilayah di Cianjur,” terangnya.

Ketua Sundawani Kabupaten Cianjur, Iwan Rio menambahkan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Bahkan dalam pembukaan pameranpun turut serta menampilkan berbagai macam barang pusaka-pusaka koleksi miliknya.

“Selaku warga Jawa barat (Sunda), tentunya harus bisa merawat benda-benda pusaka ataupun seni budaya ini. Jangan sampai generasi muda kita, melupakannya,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here