Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Jenis pisang ambon bogel, nampaknya memiliki daya tarik tersendiri. Tidak seperti jenis  pisang ambon biasanya. Karena selain memiliki rasanya yang khas juga memiliki ketinggian pohonnya cukup pendek (bogel). Tingginya  kurang lebih setinggi 80 – 100 Cm, hingga terlihat unik.

Pisang bogel tersebut, sekarang ramai dibudidayakan masyarakat Kampung Pasir Angin RT 13 Desa Nanggalamekar Kecamatan Ciranjang Cianjur Jawa Barat. Penanamannya pun cukup sederhana. Bisa ditanam di pinggir kolam, sawah dan tidak sedikit warga setempat yang menanamnya di belakang atau di pekarangan depan rumah.

 Salah seorang tokoh masyarakat Kp Pasir Angin  Ustadz Teten S (47) mengatakan, dua tahun yang lalu ia diberi temannya, 3 bibit pohon pisang ambon bogel. Kemudian ditanam di pematang sawah pinggir kolam yang tak jauh dari rumahnya. 

Setelah berbuah, ternyata menjadi tontonan warga setempat. Karena pohonnya pendek, kkurang lebih setinggi 80 Cm hingga ujung bawah tandan buah pisang sampai ketanah. Tiap tandanya rata-rata berbuah sebanyak 11 sisir. 

Kelebihan pisang ambon bogel, selain pohonnya pendek juga rasa buahnya yang sudah matang cukup manis, empuk, pulen juga berserat. “ Tapi kalau mengenai kandungan gizi, vitamin dan kandungan lainnya tidak bisa mengatakannya, karena selama ini belum pernah dibawa pada ahlinya,” kata Teten.

Dari keunikan, keindahan dan masih langkanya pisang ambon bogel, banyak warga setempat yang meninta bibitnya untuk ditanam di lahan miliknya. “ Karena itu, hampir seluruh warga Kp Pasir Angin ramai menanam pisang ambon bogel,” ucap Teten pada awak media, Senin (01/06).

Sementara itu, Ketua BPD Nanggalamekar, Aceng Alawi menambahkan, memang benar hampir seluruh  warga Kp Pasir Angin menanam pohon pisang ambon bogel. Penanamannya ada yang di pematang sawah, pinggir kolam, pekarangan rumah dan ada pula yang menanam diatas pot yang terbuat dari ban mobil dan drum. 

Karena selain bisa dijadikan hiasan depan rumah juga buahnya cukup bermanfaat. Bisa dikonsumsi untuk keluarga juga bisa bisa disajikan saat kedatangan tamu. Maka dengan adanya itu pihaknya akan terus membudidyakan jenis pisang tersebut, supaya bisa lestari. 

Kedepannya pihaknya bersama pemerintahan Desa Nanggalamekar, berencana akan membuat tempat wisata taman buah-bahan. Lokasinya di lahan milik desa seluas 18 Ha. “ Diantaranya jenis pisang ambon bogel itu yang menjadi salah satu daya tarik para wisatawan,” ucap Aceng Alawi dengan nada optimis.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here