Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Perum Perhutani BKPH Sindangbarang KRPH Cidaun melalui Asisten Perhutani (ASPER) BKPH Sindangbarang, mengadakan sosialisasi physical distancing. Kegiatan tersebut diselenggarakan di hutan Wangunjaya petak 24 H samping lokasi wisata Gunung Pabeasan Naringgul Cianjur Selatan, Minggu (19/04).

Nampak hadir pada kegiatan tersebut, jajaran Polsek Naringgul, warga penggarap hutan dan penyadap Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) asal Desa Naringgul, Malati, Wangunjaya, dan Sukamulya.

Kepada awak media Asper BKPH Sindangbarang Soip mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mencegah dan memberikan imbauan terkait physical distancing pada masyarakat pengarap hutan yang masuk diwilayah perhutani.

” Dari tiga LMDH yang masuk wilayah kerja kami, tentunya harus benar-benar dijaga kesehatannya terutama warga penggarap hutan dan penyadap pohon vinus setiap bekerja,” ujarnya.

Lanjut Soip, adanya pandemi virus covid-19 ini, tentunya Perum Perhutani BKPH Sindangbarang juga ikut mendorong program pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

” Selain mensosialisasikan physical distancing, kami juga rencananya akan mengadakan reboisasi penamaan pohon vinus dan pohon kopi nantinya, untuk pemberdayaan masyarakat desa hutan supaya bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraannya,” tandasnya.

Ketua LMDH Saluyu Jajang Ja’far berterima kasih kepada Asper BKPH Sindangbarang dan KRPH Cidaun, atas sosialisasi tentang pencegahan pencemaran virus covid-19 pada para penggarap dan penyadap hutan .

” Ya, jelas ini sangat bermanfaat sekali terutama bagi warga pengarap binaan LMDH Saluyu, sehingga kami tahu dan harus waspada tentang bahayanya penularan wabah virus Corona/Covid-19. Kami juga menucapkan terima kasih pada rekan media yang sudah memberi pembagian masker gratis untuk warga pengarap hutan dan itu sangat bermanfaat sekali,” ucap Ja’far.

Terakhir Ja’far mengatakan, selain sosialisasi physical distancing, piaknya juga mendapat arahan dari Asper tentang pemberdayaan penanaman pohon kopi.

” Dengan diperkuatnya penanaman pohon kopi serta reboisasi penanaman pohon vinus, tentunya selaku ketua LMDH Saluyu sangat mendukung penuh. Karena ini merupakan pemberdayaan bagi warga penggarap sehingga bisa bertahan hidup ditengah pandemi wabah virus Corona,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here