pohon tua yang keberadaanya cukup meresahkan warga dan pengguna jalan

Laporan Andri

Cianjur, metropuncaknews.com – Pohon tua yang berada di pinggir jalan yang hampir roboh, tentu saja membuat was was para pengguna jalan. Salah satu contohnya, pohon tua yang tepat berada di Jln, Raya Jangari Lolongokan, Desa Bobojong. Kec. Mande Cianjur.

Salah seorang pengendara roda dua, Yamin (37) warga Jangari mengungkapkan,  mending pohon tua itu ditebang saja. Soalnya pohonnya sudah bolong-bolong. Kalau ada angin besar, takutnya tumbang. Mending kalau tumbangnya tidak menimpa apa-apa yang ada dibawahnya. “ Kalau menimpa sesuatu, kan repot juga,” kilahnya.

Karena itu,lanjut Yamin,

Namun yang jadi masalah, masih kata Yamin, masyarakat tidak tahu kemana harus minta ijinnya untuk melakukan penebangan pohon yang sudah tua itu.

Sementara daripihak Badan Lingkungan Hidup Daerah Kab Cianjur yang wakili Dudi lewat sambuangan whatsaapnya mengatakan, bikin permohonan aja, mau di tebang apa dipangkas.

“ Atas dasar permohonan tersebut, nanti LH mengeluarkan rekomendasi untuk melakukan penebangan, kalau tidak ada permohonan ga bakalan ditebang, karena LH mengacu ke UU No 32 tahun 2009 dan UU No. 12 tahun 1992,” jelasnya.

Pihak Desa Bobojong saat di konfirmasi melalui Deni staf Desa mengatakan, pihaknya akan segera menayangkan surat permohonan ke BLHD. “ Ssoalnya saya juga tahu pohon itu sudah bolong, untuk itu saya akan buatkan surat permohonannya,” ujar Deni.

Sedangkan salah seorang Kasubag di Kec.Mande, Mumuh saat di mintai tanggapannya melalui telepon selularnya mengatakan, silahkan menghubungi desa agar dibuatkan permohonannya.

“ Ikuti prosedurnya, karena desa yang mempunyai wilayah, sedangkan pihak kecamatan hanya sebagai kordinator wilayah, karena kecamatan sudah maksimal, tinggal masyarakatnya yang proaktif,” kata Mumuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here