Muspika Campakamulya dan Gununghalu berpoto sama di lokasi pembatasan sosial di kampung Cisokan Desa Campakamulya Kabupaten Cianjur. Selasa, (1/4). Foto: Zenal Mustari

Laporan : Zenal Mustari

Cianjur, metropuncaknews.com – Sebagai langkah pencegahan merebaknya wabah coronavirus atau (Covid-19) terus dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Campakamulya Kabupaten Cianjur dan Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat (KBB). Kali ini, mereka memperketat pintu keluar masuknya kendaran dari wilayah ke dua kecamatan tersebut. Kegiatan dipusatkan di jembatan Cisokan Desa Campakamulya, Selasa (1/4)

Kapolsek Campaka AKP Tio mengatakan, sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19, maka dilakukan pengecekan kesehatan dan juga penyemprotan disinfektan bagi semua kendaraan yang masuk ke Campakamulya. Selanjutnya petugas akan mendata semua warga yang berasal bari wilayah yang sudah berstatus zona merah.

” Seluruh kendaraan umum dan pribadi yang membawa penumpang dihentikan, dan diarahkan ke lapangan. Satu-persatu penumpang maupun pengendara di data kemudian untuk kendarannya disemprot dengan disinfektan. Untuk penumpang juga pengemudi diwajibkan cuci tangan lantas di data sesuai alamat tujuan,” kata Tio kepada wartawan saat ditemui dilokaai kegiatan, Selasa (1/4).

Dikataknya, apabila pengendara juga penumpang tersebut berasal dari zona merah, maka akan diberikan status ODP oleh petugas kesehatan dari puskesmas.

” Nama-nama yang masuk dalam status isolasi mandiri ini nantinya oleh petugas akan diteruskan kepada seluruh Kepala Dusun, RT/RW, Aparat Babinkamtibmas dan Babinsa, untuk dipantau dan tidak diperbolehkan keluar rumah selama 14 hari,’’ jelasnya.

Ditempat sama, Camat Gununghalu Hari Mustika mengatakan, atas nama pemerintah kecamatan dan Gugus Tugas Desa Cilanggari pihaknya menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyaman ini.

Ini merupakan langkah efektif dan efisien dalam memberikan dampak signifikan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 bagi masyarakat.

” Intinya saya menyambut baik atas kegiatan tersebut sebagai bahan masukan dan informasi kepada pimpinan bahwa di perbatasan wilayah Cianjur dengan Bandung Barat telah dilaksanakan kegiatan pengecekan pendatang. Secara khsuus kami Pemerintah Kec Gununghalu dan Desa Cilangari merasa terbantu dan menyampaikan terima kasih kepada Camat Campakamulya dan Muspika Campakamulya atas dilaksanakannya kegiatan ini,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here