Sebanyak 34 pohon pinang yang penuh hadiah disiapkan Kades Sukaraharja untuk masyarakatnya

Laporan : Sam As

Cianjur, metropuncaknews.com –  Pemerintahan Desa Sukaraharja, Kecamatan Cibeber, Cianjur, sambut HUT RI Kemerdekaan RI ke 73, dengan menggelar berbagai perlombaan. Acara yang digelar tersebut terkesan paling meriah dan semarak di Kabupaten Cianjur. “ Ini baru pesta rakyat,” kata warga setempat.

Betapa tidak, pada acara pesta rakyat itu, pihak panitia penyelenggara, tidak kepalang tanggung memasang 34 pohon pinang yang sudah penuh dengan berbagai hadiah menarik. Semua itu dipersembahkan untuk masyarakat tanpa dipungut bayaran alias gratis. Selain itu, ditampilkan 33 Dongdang/Jampana yang dipenuhi berbagai jenis makanan dan buah-buahan.

Tak hanya itu, pada perhelatan peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 73 ini, pihak panitia juga memberikan santunan  pada kaum duafa, yatim piatu dan jompo. Selain itu juga diselenggarakan Marawis, Lomba Hafid Quran, Lomba Posyandu Terbaik, Lomba adzan dan menampil Dai Cilik (Dacil).

Setelah cape mengikuti berbagai prlombaan, masyarakay dihibur pihak panitia penyelenggara dengan menampilkan musik Dangdut Live Ashbo Grono. Sedangkan pada malam harinya kegiatan diisi  tablig akbar dengan mengundang Dai Kondang dari Tasikmalaya.

Seluruh kegiatan tersebut, di pusatkan di lapang sepak bola Pasir Munding, Desa Sukaraharja.

Kepala Desa Sukaraharja, H.  Saefudin menerangkan, kegiatan perayaan HUT  Kemerdekaan RI ke 73 Tahun 2018, pihaknya  melaksanakan  berbagai perlombaan. Hal itu merupakan agenda tahunan yang tiap tahun dilaksanakan beserta masyarakat desa setempat.

Seperti loma tahfid quran, Adzan, Posyandu, Pildacil, itu dilaksanakan sebelum pelaksanaan upacara 17 Agustus 2018. Sedangkan lomba panjat pinang sebanyak 34 pohon, dongdang sebanyak 33 tandu, itu dilombakan setelah pelaksanaan upacara bendera 17 Agustus. Termasuk hiburan dangdut live dan pelaksanaan repsesi pembagian piala, tropi dan hadiah dilaksanakan malam harinya dan kegiatan ditutup dengan tablig akbar.

Kepala desa beserta Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sukaraharja, sebelum acara lomba panjat pinang dan lomba dongdang dimulai, terlebih dahulu memberikan santunan pada Yatim piatu, Jompo dan duafa.

Seluruh kegiatan tersebut, disambut antusias seluruh warga Desa Sukararahja. Semua yang dilaksanakan Desa Sukaraharja itu,  Muspika Cibeber sangat mengapresiasinya. Bahkan Muspika Cibeber ikut memberikan piala dan hadiah pada para juara dan pemenang perlombaan. “ Diharapkan seluruh masyarakat terhibur dan  merasa puas dengan adanya berbagai hiburan yang digelar Pemerintahan Desa Sukaraharja, ucapnya.

Sementara itu, tokoh pemuda Kecamatam Cibeber, Deni Pakai menambahkan, digelarnya lomba panjat pinang dan lomba dongdang, yang dilaksanakan setiap perayaan 17 Agustus, dimulai sejak H. Saefudin menjadi Kepala Desa Sukaraharja.

Hal tersebut tidak sekaligus melainkan secara bertahap. Mulanya hanya 2-3 pohon pinang, namun sejak 3 tahun kebelakang lomba panjat pinang tersebut jumlahnya berdasarkan banyak RT di Desa Sukaraharja. Yaitu sebanyak 33 RT dan ditambah 1 tiang panjat pinak untuk aparat desa. Hingga jumlahnya 34 pohon panjat pinang dan ditambah 33 lomba dongdang tiap RT 1 , tandu dongdang.

Seluruh perlombaan tersebut, merupakan suatu apresiasi terhadap para pejuang dan pahlawan kemerdekaan RI. Mengingat perjuangannya melawan para penjajah dengan kekuatan senjata bambu runcing. Namun dengan kekuatan, keyakinan dan gigih, hingga mampu memerdekakan Indonesia tercinta ini.

“ Dengan itu, semoga para suhada, pejuang kemerdekaan RI dilapangkan di alam kuburnya,” ucap Deni Pakai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here