Laporan :  Deni Puncak

Sukabumi, metropuncaknews.com – Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jabar IV, menggelar acara dalam rangka Peringatan World Rabies Day 2019, di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Sukabumi, Kamis (26/9), kemarin.

Kegiatan tersebut diisi dengan pelayanan kesehatan hewan, penandatanganan MOU antara DKP3 dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Sukabumi. Sealin itu, dilakukan pula soft lounching aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan dan Kesejahteraan Hewan (SIMPELKESRAWAN).

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S Hamami, mengatakan, bahwa peringatan Hari Rabies Sedunia, yang diperingati setiap tanggal 28 September,  bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan memperkuat komitmen seluruh lapisan masyarakat,  dalam penanggulangan wabah penyakit Rabies.

 “Kegiatan ini sejalan dengan target Indonesia bebas Rabies pada tahun 2030,” ucapnya.

Dirinya sangat mengapresiasi terobosan atau inovasi dari DKP3 dengan peluncuran Aplikasi SIMPELKESRAWAN yang akan meningkatkan efektifitas dan efesiensi pelayanan kesehatan hewan di Kota Sukabumi.

Sementara itu, Kepala Dinas DKP3 kota Sukabumi,  Ir.Hj.Kardina Karsoedi, MT.,menjelaskan bahwa dalam kegiatan Hari Rabies 2019 yang mengangkat tema “improve the health and welfare of your animal for a better and happier life”.

“Dalam kegiatan ini, dilakukan pula pelayanan kesehatan hewan gratis yang terdiri dari pemberian vaksin anti rabies, anti parasit, vitamin, konsultasi kesehatan dan kesejahteraan hewan termasuk kastrasi dan ovariohisterectomy untuk anjing dan kucing local,” jelasnya.

Ia menghimbau,”kepada seluruh masyarakat, pemelihara hewan yang dapat mengidap penyakit rabies seperti anjing, kucing, simpanse, agar selalu memberikan vaksin anti Rabies,” imbuhnya.

Terakhir, “dalam pelayanan kesehatan hewan ini, diikuti oleh sekitar 200 orang warga Kota Sukabumi, yang memiliki hewan peliharaan. Serta berkat dukungan dari komunitas hewan kesayangan seKota Sukabumilah acara ini bisa terselenggara,”pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here