Pengerasan jalan poros desa yang rusak parah. Jalan ini menghubungkan Desa Jayapura, Margasari, Cinerang dan Karyabakti Cianjur Selatani

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Belasan kilometer jalan poros yang menghubungkan Desa Jayapura, Margasari, Cinerang dan Karyabakti kondisinya rusak parah. Apalgi dimusim penghujan seperti sekarang, lubang-lubang di jalan tak ubahnya bagai kubangan kerbau.  memprihatinkan. Sungguh memprihatinkan.

Namun berkat kepedulian seorang pengusaha asal Cidaun yakni pimpinan PT. Putra Suliwa, Agus Suliwa (41), jalan yang rusak berat itu diperbaiki. Yaitu dengan cara pengerasan mengunakan pasir dan batu. Biayanya, ia rogoh dari kocek pribadinya.

Alhasil jalan poros desa yang sudah puluhan tahun tak tersentuh perbaikan dari pemerintah itu kini nampak mulai laik pakai.

Dalam prosesnya, Agus Suliwa menggunakan delapan armada mobil Damtruk. Mobi itu membawa bahan material pasir dan batu (sirtu) dari lokasi Kuwari penggilingan batu. Kemudian diturunkan di jalan berlubang. Selanjutnya dilakukan pemerataan dengan mempekerjakan masyarakat setempat.

Kepada awak media, Agus Suliwa menyampaikan ungkapan keprihatinannya melihat kondisi jalan yang selama ini rusak parah serta belum ada perhatian oleh pemerintah.

“ Banyak masyarakat yang mengeluh dan hati saya merasa terpanggil melihat kondisi jalan seperti ini,” ujarnya pada awak media, Selasa (2/4)

Ia juga menjelaskan, ini murni anggarannya dan modal pribadi tanpa adanya unsur politik. Agus sebagai pengusaha di daerah merasa prihatin melihat kondisi jalan poros desa yang masuk jalan kabupaten kondisinya rusak berat hingga tidak layak pakai.

“ Saya berkordinasi bersama rekan pengusaha lainnya, maka kami berinisiatif untuk memperbaiki jalan yang panjangnya 12 kilometer ini,” katanya.

Lanjut Agus, bukan ria atau sombong, hanya saja kebetulan kita punya lokasi material dan lokasi Kuwari pembuatan sprit batu pecah. Karena itu, dapat dimanfaatkan untuk beribadah demi masyarakat umum.

“ Maka dengan diperbaikinya jalan poros desa ini semoga dapat mengugah hati pemerintah, baik daerah maupun pusat, sebab selama ini belum ada perbaikan sama sekali sehingga banyak warga di tiga desa mengeluhkan kondisi jalan seperti ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Margasari Ajid S, menyambut baik dan mengapresiasi PT. Putra Suliwa yang sudah memperbaiki jalan poros desa tersebut.

“ Tentunya kami dan warga desa merasa sangat terbantu dengan adanya perbaikan jalan ini sebab sebagian besar warga profesinya sebagai pedagang yang mengunakan kendaraan,” ungkapnya.

Ajid melanjutkan, pihaknya ucapkan terima kasih pada pimpinan PT Putra Suliwa yang sudah membantu menyumbangkan material Sirtu untuk perbaikan jalan poros desa.

“ Bukan hanya di jalan poros desa yang masuk jalur kabupaten saja yang dibantu, tapi ada sebagian jalan desa juga dibantu pengerasannya oleh pak Agus dari PT Putra Suliwa. Mudah-mudahan kedepannya pemerintah juga dapat memperbaiki jalan yang rusak agar perekonomian warga desa terangkat dan sejahtera,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here