Pengobatan cacing massal bagi pelajar SD di Desa Cisandi

Laporan : Cece

Cianjur, metropuncaknews.com – Ratusan siswa Sekolah Dasar Negri Cisarandi II di Kampung Lembur Tengah Desa Cisarandi Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur, serentak meminum obat cacing. Acara ini dipandu petugas Puskesmas Warungkondang dan Banbisa, Jumat (1/3).

Kegiatan pemberian obat cacing ini dalam dilakukan dalam rangka mendukung eliminasi filariasis (Penyakit Kaki Gajah) sampai tahun 2024. Penyakit Kaki Gajah adalah penyakit menular yang disebabkan cacing dan banyak ditemukan di negara tropis seperti Indonesia.

Petugas Kesehatan dari Puskesmas Warungkondang, Bidan Sarah menerangkan, pemberian obat cacing ini gratis dan dilaksanakan setahun sekali. Beberapa penelitian menunjukan, anak yang bebas dari infeksi cacing, tubuhnya lebih baik dalam menyerap makanan dan meningkatkan status gizi. Sehingga memengaruhi perkembangan kemampuan kognitif dan perbaikan prestasi anak sekolah.

Program ini memiliki sasaran usia anak 1 sampai 12 tahun se-Kabupaten Cianjur. Dengan sasaran jumlah sebanyak 274 anak.
Obat Cacing yang digunakan dalam program ini adalah albenzadol. Obat ini aman dan tidak menimbulkan efek samping. ” Pelaksanaan dimulai hari ini hingga bulan Agustus yang terintegrasi dengan program pemberian vitamin A pada anak balita di Posyandu dan program UKS untuk anak sekolah,” jelasnya.

Babinsa Cisarandi Serka Istiarto menambahkan, sebelumnya dari pihak sekolah memiliki tanggung jawab dan memberikan pengetahuan kepada siswa mengenai pentingnya menjaga kebersihan agar tidak terinfeksi cacing.

Untuk itu, lanjut Banbinsa,  siswa harus diajari tentang cuci tangan dengan sabun setelah BAB dan sebelum makan serta minum air yang sudah direbus. Buang air besar di jamban dan menjaga kebersihan makanan dari lalat dengan menggunakan tudung saji.

“ Setiap 1 minggu sekali para guru akan melakukan pemeriksaan kebersihan tangan siswa apakah sudah dipotong kukunya, juga memeriksa gigi dan mulut.” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here