Pendayagunaan Koramil Model TA. 2019 oleh Tim Asistensi Teknis Pusterad

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Bertempat di Aula Gedung PGRI Jl. Raya Cianjur-Bandung Km. 8 Kampung Ciherang, Desa Ciherang Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur, telah digelar kegiatan Pendayagunaan Koramil Model TA. 2019 oleh Tim Asistensi Teknis Pusterad, Senin (25/3).

Kegiatan tersebut digelar oleh Koramil 08-06/Karangtengah dengan tema, “Melalui Kegiatan Pendayagunaan Koramil Model. Kita tingkatkan Profesionalisme Apkowil Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI-AD”.

Kegiatan tersebut dihadiri 50 peserta tersebut. Selain itu, dihadiri Ketua Tim Asistensi Teknis Pusterad Letkol Inf Prasetyo, DTS, M.Si, Han, (Kabag Infolahta Setpusterad), Mayor Inf Suntoro (Kasdim 0608/Cianjur), Kapten Inf Ojang (Pasiter Kodim 0608/Cianjur), Para Danramil Jajaran Kodim 0608/Cianjur.

Dalam sambutannya, Kasdim 0608/Cianjur Mayor Inf Suntoro menyampaikan, ucapan selamat datang kepada tim Asistensi Teknis Pusterad, dan berharap kepada seluruh peserta agar dapat memahami dan dipedomani semua yang disampaikan oleh Tim Asistensi Teknis Pusterad.

“ Saya berharap kepada peserta dapat memahami dan dipedomani semua hal yang disampaikan oleh Tim Asistensi Teknis Pusterad,” ucap Kasdim.

Sementara Ketua Tim Asistensi Teknis dalam pemaparannya mengatakan, kegiatan pendayagunaan Koramil model sebenarnya sudah dilaksanakan. Pihaknya datang bukan sebagai pemeriksa tapi karena ada tugas dari Pusterad bahwa tim Asistensi Teknis berkunjung ke Kodim-Kodim. Salah satu yang dikunjungi adalah Koramil model tingkat Korem 061/SK.

“ Tujuan Koramil model untuk meningkatkan Profesionalisme Apkowil dalam rangka mendukung tugas pokok TNI-AD, dan jika ada anggota yang baru masuk dari Batalyon mau tidak mau harus mengikuti kegiatan di Koramil model,” imbuhnya.

Selanjutnya Ketua Tim Asistensi Teknis meminta masukan dari Kasdim dan Danramil terkait kendala dari Koramil Model. Hal tersebut dipandang perlu sebagai bahan kajian dan perbaikan nanti kedepannya. Koramil model sebagai tolak ukur, yang seharusnya anggota Koramil model pelatih dan pengajar mempunyai kemampuan minimal pernah menjadi Batih atau Gumil.

Kapten Inf Sudi Harsono (Danramil 0806/Karangtengah) merespon dan menyampaikan beberapa hal yang menjadi kendala Koramil Model tersebut. Dan untuk organik Koramil Karangtengah, mengupayakan anggotanya yang memiliki kemampuan, untuk mendukung tugas pendayagunaan Koramil Model.

Sementara Ketua Tim Asistensi Teknis Pisterad menerima masukan tentang beberapa kendala yang disampaikan Danramil 0806/ Karangtengah.

“ Ini masukkan yang bagus dan permasalahan ini akan kami sampaikan ke bagian direktur pengajuan dan pengembangan Pusterad dan akan diajukan ke staf teritorial AD, hanya waktunya belum bisa dipastikan, perkara didukung atau tidak didukung yang penting dari satuan bawah sudah mengajukan, bila perlu setiap tahun ajukan terus jika belum ada realisasi,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here