Laporan : Aji Deni

Sukabumi, metropuncaknews.com – Meski Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Sukabumi masih jauh, tepatnya akan dilaksanakan pada  17 November 2019 mendatang. Namun Panitia Pilkades Langensari Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi sudah menerima pendaftaran Calon Kepala Desa.

Maka dengan terjadinya hal tersebut, banyak pihak menyebut Panitia Penyelenggara Pilkades Serentak 2019 di Desa Langansari ‘premature‘. Karena saat ini, memang belum memasuki tahapan-tahapan penyelenggaraan Pilkades. Artinya perekrutan calon terlalu dini.

Saat ini, tercatat di Panitia Pilkades Serentak Desa Langansari, berjumlah ada enam orang Bakal Calon Kades Langensari. Yaitu, Nasihin warga Kampung Genteng Rt 01/04, Arip permana Rt 01/06, Yunus mustari Rt 03/06, Iing Darwin Rt 01/01, M. Solehudin Rt 01/01 dan Abdul Ajis warga Kampung RT.03/12.

Diketahui Abdul Ajis ini, merupakan salah seorang perangkat Desa Langansari. Seolah tak mau ketinggalan, dirinya pun telah mendaftarkan menjadi calon kades Langensari. Pendaftarannya dilakukan pada Kamis (19/9) kemarin.

” Abdul Ajis adalah bagian yang tak terpisahkan dan memang sudah menjadi salah satu kunci pemberi kontribusi yang positif bagi perkembangan dan kemajuan pemerintah desa tersebut, antara lain bisa membantu mensejahterakan masyarakat,” kata Agon tokoh masyarakat di Desa Langansari.

Memang diera Jokowi ini, memimpin desa sudah menjadi barisan keunggulannya tersendiri, untuk mengurus dan mengatur berjalannya pemerintahan desa yang maju dan mandiri.

Menjadi Kepala Desa, saat ini memang dibekali dengan Undang-undang tentang Desa. Setiap Kepala Desa, dituntut untuk berlomba-lomba menjadi desa yang maju dan berkembang. Hal itu, memang sudah ditopang dengan adanya kucuran dana dari pemerintah pusat berupa DD/ADD.

Agon menyambungkan, kepala desa dituntut untuk akuntabel dan perponsibiliti terhadap pengelolaan anggaran ke uangan tersebut.

” Di Kabupaten Sukabumi ini terdapat 240 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades. Saya berharap, calon-calon yang sudah mendaftarkan bisa bersaing secara sehat, dan siapapun yang terpilih nantinya bisa menjalankan roda pemerintahan dengan baik, jujur dan amanah,” pesannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here