Anggota PP PAC Haurwangi lakukan aksi Peduli Banten

Laporan : Agus

Cianjur, metropuncaknews.com – Tsunami dan gelombang pasang yang terjadi pada Sabtu (22/12) lalu,  telah memporak-porandakan wilayah Banten. Pada peristiwa tersebut, bukan hanya harta benda yang hilang, tapi ratusan nyawa pun turut jadi korban keganasan ombak laut yang menerjang permukiman penduduk dan area wisata di pesisir Banten.

Tragedi tersebut, mengundang simpati dan kepedulian banyak pihak. Salah satu diantaranya adalah Pemuda Pancasila (PP) PAC Haurwangi Kabupaten Cianjur.

Untuk itu, pengurus dan anggota PP PAC Haurwangi yang dinahkodai Wahyu Setiadi atau yang akrab disapa Idam segera turun ke jalan. Maksudnya untuk mencari dana yang selanjutkan akan di donasikan bagi korban tsunami Selat Sunda.

Idam saat dihubungi mengatakan, PP PAC Haurwangi akan berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan program-program yang berbasis sosial. Karena secara tidak langsung dari semua kegiatan yang dilaksanakan tersebut akan mempunyai efek pembinaan terhadap semua anggota.

Seperti halnya pada kegiatan ini lanjut Idam, saudara kita di Banten sedang mengalami musibah akibat tsunami yang menghantam kampung halamannya. Korban pun berjatuhan. Sebagai bukti dari kepedulian kami, maka kami melaksanakan program Peduli Banten. Yaitu dengan cara mengumpulkan dana yang nantinya akan lansung diserahkan pada korban. “ Tapi waktu keberangkatannya akan menunggu instruksi dari MPC,” kilahnya.

Idam menambahkan, selain gerakan Peduli Banten, ada beberapa program utama yang akan segera direaliasasikan. Yaitu program Peduli Pendidikan dan Peduli Kesehatan.

Program peduli pendidikan dinilai perlu segera dilaksanakan. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak anak-anak sekolah yang suka tawuran. Karena itu, PP PAC Haurwangi merasa harus ikut andil untuk menjaga agar hal tersebut tidak terjadi di wilayah Haurwangi.

Maka untuk mengantisipasinya, kata Idam, pihaknya akan membentuk jadwal khusus patroli. Nantinya anggota PP PAC Haurwangi akan memantau daerah-daerah mana saja yang sering dipergunakan anak-anak sekolah nongkrong saat jam sekolah.

Sedangkan untuk program peduli kesehatan, pihaknya akan membantu untuk memfasilitasi masyarakat disaat akan membuat BPJS. “ Selain itu, kami pun telah mempersiapkan 1 (satu) unit Ambulance untuk kepentingan masyarakat apabila mereka membutuhkan,” jelasnya.

Bukan hanya itu saja, lanjut Idam. Setiap hari Rabu dan Minggu di pesantren Empang Haurwangi depan Posko, secara rutin diadakan pengajian. Namun mengingat banyaknya mustami yang datang sedangkan itu adalah jalan utama lintas provinsi, maka untuk memberikan rasa nyaman dan aman pada mustami, maka pihaknya akan membantu dalam masalah pengamanannya.

“ hal itu telah menjadi agenda rutin bagi anggota kami, semoga dengan banyaknya kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat mudah-mudahan mampu menjadi edukasi dan pembinaan secara tidak langsung untuk anggota Pemuda Pancasila PAC Haurwangi,” ujarnya.

Sementara Penasehat PP PAC Haurwangi, Asep Setiawan atau yang akrab dengan panggilan Darul mengatakan, dengan terpilihnya Idam sebagai Ketua PP PAC Haurwangi, diharapkan akan membawa dampak yang positif bagi pengurus dan anggota PP Haurwangi.

Pengurusnya solid dan kompak, lanjut Darul. Sekaligus mampu mempererat tali persaudaraan dan persatuan dengan semua pihak. Khususnya dengan sesama anggota Pemuda Pancasila. Mengingat PP di PAC Haurwangi itu ada 8 ranting.

Selain itu juga kepengurusan PP PAC Haurwang yang baru dengan komandan Idam harus mampu menjalankan aturan-aturan sesuai dengan AD/ART. Sehingga tujuan Pemuda Pancasila itu benar benar dapat terealisasi sesuai dengan harapan semua pihak.

“ Mengenai gerakan Peduli Banten, kami sangat mendukung dan semoga apa yang hari ini dilakukan anggota Pemuda Pancasila dapat dirasakan manfaatnya oleh saudara-saudara kita yang sedang mendapat musibah dan semoga yang sedang mendapatkan musibah selalu diberikan kesabaran. Amin,” kata Darul dengan penuh semangat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here