Kakek Endang yang sakit parah, kini dalam perawatan inrensih RSUD Cianjur, Semua itu berkat kepelian PHC

Liputan : Shandi 

Cianjur, metropuncaknews.com – Malang,  seorang kakek bertaruh hidup puluhan tahun menjadi tukang becak. Dalam perjalanan hidupnya sekama puluhan tahun, ia tak memiliki sanak saudara.

Adalah,  Endang (70). Konon katanya, ia sudah hampir 20 tahun menjadi tukang becak, demi memenuhi kebutuhan hidupnya.

Saudara tak punya, sanak Family pun entah dimana. Hingga ketika dirinya sakit tak satupun peduli padanya.

Beruntung, beberapa waktu yang lalu, komunitas Pemuda Hijrah Cianjur (PHC) yang bermarkas di jalan. Dr. Muwardi No. 165.B By Pass Cianjur, mendapati dirinya sedang terbaring lemas tak berdaya di depan toko (pangkalan becaknya). Konon dirinya sudah dua hari mengalami sakit berat. Hingga sekujur tubuhnya lemas, bahkan karena keterbatasannya selama dua hari itu, aroma tak sedap pun muncul dari sekujur tubuhnya.

Melihat keadaannya seperti itu, komunitas PHC merasa terpanggil untuk membantu Kakek Endang. Maka, komunitas PHC pun segera membawanya ke IGD RSUD Cianjur, untuk mendapatkan perawatan yang serius.

“Alhamdulillah, Alloh mengantarkan nurani kami untuk sekedar mengurusi prosedur di RS agar Kakek Endang bisa kembali hidup sehat dan layak,” ucap salah anggota PHC.

Adapun upaya lain yang dilakukan PHC, membawakan beberapa potong pakaian untuk Kakek Endang, serta mereka juga terus berusaha mencari keberadaan keluarganya.

Kepada awak media, Jimmy Jambrong anggota PHC mengatakan, pihaknya akan terus berusaha sekuat dan sebisanya untuk membantu Kakek Endang, termasuk mencari dimana keberadaan keluarganya. Diusia senjanya dia sudah tak layak untuk mencari nafkah, melainkan sudah kewajiban anak-anaknya untuk membanu mengurus dan menghidupi menghidupi Endang,” katanya, Rabu (27/6).

Jimmy berhatap, jika nanti Kakek Endang sembuh, akan ada yang berkenan memberikan bantuan kepadanya dalam bentuk apapun yang dibutuhkan Kakek Endang.

” Lekas sembuh Kakek Endang, Kakek merupakan petunjuk bagi kami dari Sang Maha Pemberi Petunjuk, untuk kami bisa sedikit merasakan arti kata dari menolong. Do’akan kami, untuk bisa memberikan apa yang bapak butuhkan, agar selepas sembuh nanti bisa menjadi lebih bahagia dan kembali menjalani beribadah,” pesan komunitas PHC.

Berkat upaya dan besarnya jiwa sosial PHC, Kakek Endang saat ini dirawat di salah satu ruangan  di RSUD Cianjur. Bahkan hampir setiap hari, Kakek Endang dijaga oleh salah seorang anggota PHC.

Salah seorang anggota PHC mengatakan, dalam Undang-undang pasal 34 ayat 1 berbunyi, “Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara”. Menyikapi hal tersebut, pemerintah harus menanganinya dengan serius tentang keberadaan fakir miskin dan anak terlantar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here