Lapak Aksara dan Saung Aksara

Laporan : Cece

Cianjur, metropuncaknews.com – Untuk meningkatkan minat baca di kalangan anak usia sekolah, seorang pemuda Cianjur Selatan di Kecamatan Sindangbarang membuka ” Lapak Aksara dan Saung Aksara”. Kegiatannya digelar satu kali dalam sepekan, mennjelang sore hari di halaman alun-alun Sindangbarang.

Edi Ramli (29) sebagai mentor di ‘Saung Aksara’ tersebut menjelaskan, sejak tahun 2014 sampai sekarang dirinya masih berperan aktif di Kampung Bolenglang RT 01/08, Desa Jayagiri, Kecamatan Sindangbarang, Cianjur Selatan.

” Selain kegiatan membaca, anak anak belajar untuk mewarnai gambar, less pelajaran bahasa inggris dan itu semua tanpa dipungut biyaya sepeserpun alias gratis, ” ujar Edi saat ditemui di saung aksara. Jumat (12/7).

Lanjut Edi, hal itu dilakukan untuk mempermudah akses pendidikan non formal pada masyarakat. Tujuanya untuk mencerdaskan anak-anak Cianjur Selatan melalui gerakan membaca yang di wadahi oleh Saung Aksara.

” Saya ingin anak-anak di Cianjur Selatan ini cerdas, diharapkan  nak, dengan adanya saung aksara bisa membantu warga, khsusunya warga Kecamatan Sindagbarang umumnya Cianjur Selatan dalam hal pendidikan lewat membaca,” lanjutnya.

Edi berharap, dengan adanya saung aksara mampu membangkitkan minat baca generasi muda khsusunya yang berada di Kecamatan Sindangbarang Cianjur Selatan.

” Karena sampai saat ini Cianjur Selatan masih tertinggal dari berbagai hal, termasuk dalam hal pendidikan baik formal dan nonformal,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here