Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com  – Ratusan peserta dari 14 Kecamatan di Cianjur Selatan, mengikuti pagelaran festival anugerah alam Cianjur Kidul (Selatan). Acara tersebut digelar di Alun-alun Kecamatan Sindangbarang Cianjur Selatan

Kegiatan yang diselenggarakan oleh pemuda-pemudi Cianjur Kidul serta Paguyuban Pasundan ini, dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 7 sampai 8 Desember 2019 kemarin.

Para peserta terlihat sangat antusias mengikutinya. Hal itu terlihat dari jumlah pesrtanya yang terbilang fantastis. Mereka pun tampak terlihat bersemangat saat mengikuti jalan santai di tepi pantai.

Pada kegiatan tersebut, selain acara jalan santai, penyelenggara juga menampilkan pentas seni dari masing-masing kecamatan. Selain itu juga menampilkan produk-produk lokal yang dijajakannya di stand, yang telah disediakan panitia penyelenggara.

Pengajar sekaligus pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Universitas Pasundan (Unpas) Abah Ruskawan mengatakan, kegiatan jalan santai ini, tujuanya untuk memperkenalkan dan mengeksplor alam. Khususnya yang ada di Cianjur Selatan yang masih perawan kepada para turis lokal maupun nasional.

” Cianjur Selatan ini memiliki bentangan pantai sepanjang kurang lebih 75 meter, dan itu sejak 20 tahun yang lalu sudah masuk dizona pariwisata. Namun hingga saat ini, pantai di Cianjur Selatan masih monoton, tidak terurus dan tidak berkembang,” kata abah Ruskawan, Senin (09/12), pagi.

Menurut dia, diera pemerintahan Presiden Jokowi ini, sektor parawisata menjadi produk unggulan dan menjadi sekala prioritas.

” Kalau dikemas atau dikembangkan, lokasi wisata di Cianjur Selatan, bisa jadi produk ungulan untuk dijadikan tempat wisata, dan dijadikan aset daerah untuk Pemkab Cianjur,” jelasnya.

Berdasarkan hasil kajian di Unpas, Cianjur Selatan ini memiliki 14 destinasi wisata. Selain gunung yang masih alami dengan hutannya, ada juga ratusan air terjun serta keindahan bentangan pantai. Seperti pantai Lugina, Apra, Sereg hingga Jayanti dan yang lainya.

” Dalam acara yang digelar kemarin, panitia sengaja menggabungkan semua unsur alam dalam festival anugerah Cianjur Kidul. Untuk itu  diperlukan sinergitas semua leading sekror. “ Baik pemeririntah, pengusaha maupun masyarakat, untuk mengembangkan objek wisatanya,” ujar Abah Ruskawan.

Menyikapi hal tersebut, Camat Sindangbarang Joko Purnomo mengatakan, sebagai pemerintahan tentunya  menyambut baik dan sangat mengapresiasi kepada Paguyuban Pasundan Cianjur ini. Karena telah mengadakan festival Anugerah Alam Cianjur Kidul di Kecamatan Sindangbarang.

” Banyak manfaat yang bisa dirasakan dari kegiatan ini, seperti menjadi banyaknya pengunjung (wisatawan) baik dari dalam maupun luar daerah. Selain itu juga kita bisa memasarkan hasil-hasil produk lokal setiap daerah di Cianjur Selatan ini, yang tentunya akan bernilai ekonomis dan berpenghasilan,” kata Joko.

Lebih lanjut Joko mengharapkan, untuk kedepannya acara seperti ini, bisa terus dilanjutkan secara berkesinambungan. ” Saya berharap lokasi wisata di wilayah Kecamatan Sindangbarang khususnya, umumnya di Cianjur Selatan, bisa menjadi besar setelahnya di explore di acara Festival Anugrah Alam Cianjur Kidul ini,” harap Joko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here