Laporan : Sam /Iryanto

Cianjur, metropuncaknews.com – Pasca terjadinya kebakaran rumah milik pasangan suami istri (Pasutri) Agus dan Dedah, warga Kampung Sukadana RT 02/06 Desa Haurwangi Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur,  pada Kamis (16/9/2021) sekira pukul 00.30 WIB, hingga ludes jadi abu.

Untuk membantu Agus dan Dedah yang tengah dilanda musibah, para pemuda, masyarakat dibantu Pemerintah Desa Haurwangi, gotong royong galang dana bantuan untuk meringankan beben hidup Agus dan Dedah.  Karena Agus dan Dedah selain keluarga yang ekonominya kurang beruntung juga tidak memiliki usaha yang tetap hanya usaha serabutan. Selain membantu untuk makan sehari-harinya juga rumahnya akan dibangun dengan konstruksi layakhuni.

Kepala Desa Haurwangi Dede Supyanudin, SH, MM menerangkan, dengan terjadinya kebakaran rumah pada malam tadi, pihaknya merasa iba juga prihatin. Karena rumah yang terbakar itu milik keluarga Pasutri Agus dan Dedah yang tergolong keluarga yang ekonominya kurang beruntung.

Setelah para pemuda dan masyarakat Desa Haurwangi yang memiliki gagasan yang cemerlang, menggalang dana untuk membantu warga yang rumahnya ludes terbakar malam tadi. Pihaknya Pemerintahan Desa Haurwangi langsung respon dan mendukung dengan penuh semangat.

Setelah terbentuk kepanitiaannya, maka pihak desa langsung memberikan surat edaran dan melalui WhatsApp sebagai pendukung untuk menggalang dana dengan cara tidak memaksa. Penggalangan dana tersebut dilaksankan para pemuda dan masyarakat.

” Kepada seeuruh donatur warga Desa Haurwangi, mohon bantuan dana, matrial bangunan, sembako, doa atau lainnya untuk membantu warga yang rumahnya terbakar malam tadi dan bila memberikan santunan berupa uang silahkan berikan dan minta bukti setorannya pada bendahara kepanitian (Sekdes),” ujar Dede Supyanudin.

Maka dengan itu, penggalangan dana tersebut akan berjalan dengan baik tertib, aman dan lancar. Hingga besok hari rumahnya akan dibangunkan kembali. “ Namun pada donatur yang masih akan memberikan bantuan pihak panitia masih menerimanya,” imbuhnya.

Ketua Forum Haurwangi Indah Berbagi Desa Haurwangi H. Iwan Sutisna menambahkan, setelah terjadinya rumah terbakar pada malam tadi, maka pihaknya beserta para pemuda, perangkat desa, Karangtaruna, Retana, PKK dan Kader Posyandu, secara spontan langsung menggalang dana hingga terkumpul Rp. 2,7 juta.

” Sedangkan penggalangan dana dilakukan Ketua RT /RW itu belum tercatat dan dari pribadi Kepala Desa Haurwangi  juga belum tercatat, itu semua sudah ada di bendahara panitia,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here