Pemohon pembuatan e-KTP disetiap kecamatan yang ada di Kab. Cianjur, terus meningkat

Liputan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Berakhirnya masa pendidikan SMA/Sederajat, membuat pemohon e-KTP meningkat. Terlebih untuk di Kabupaten Cianjur, mereka lebih memilih bekerja di pabrik (buruh pabrik) daripada melanjutkan pendidikan.

Adapun dari mereka yang bekerja dulu, untuk selanjutnya melanjutkan kuliah sambil bekerja dengan mengambil kelas karyawan.

Ya, hal tersebut memang banyak dilakukan di zaman now. Alasannya untuk tetap bisa melanjutkan pendidikan namun tidak membebani orang tua.

” Tahun 2015/2016 saya baru lulus sekolah, karena tidak mau membebani orangtua saya putuskan untuk bekerja, setelah bekerja di salah satu pabrik di Sukabumi ada temen saya yang mengajak kuliah,” kata Riki pada awak media.

Memang ada baiknya berbuat seperti itu. Selain mandiri kita bisa lebih mengerti apa arti perjuangan hidup.

Ditemui diruang kerjanya, Sekmat Cianjur Kota I Purnawan mengatakan, dalam sehari perekaman, pencetakan e-KTP dan KK bisa mencapai 100 pcs. Untuk e-KTP yang paling mendominasi adalah pemula.

” Kami memang selalu memaksimalkan pelayanan publik, yakni pembuatan e-KTP dan KK. Nah, untuk pemohon e-KTP yang paling mendominasi adalah pelajar yang baru lulus sekolah, karena mereka banyak lebih memilih bekerja di pabrik-pabrik dari pada melanjutkan pendidikan, sehingga mereka pun lebih memprioritaskan membuat e-KTP untuk kelengkapan surat lamaran kerja,” kata I Purnawan.

Purnawan mengharapkan, agar pengambilan e-KTP dan KK tidak diwakilkan pada siapapun. Termasuk Ketua RT atau perangkat desa sekalipun. “ Hal itu dipandang perlu guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, karena kalau sampai terjadi penggandaan data hal tersebut bisa menyulitkan yang bersangkutan,” tegasnya.

Seiring berjalannya pelayanan e-KTP dikembalikan ke kantor kecamatan, diakui operatornya, selama ini tidak ditemukan kendala. Kecuali ada gangguan pelayanan dari pusat seperti beberapa waktu yang lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here