Pmkot Cimahi dan BNN gelar Workshop Bidang Sosial

Laporan : Yatiman

Cimahi, metropuncaknews.com – Pemkot Cimahi gelar Workshop Bidang Sosial Ta.2018 dengan Tema Optimalisasi Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaann Peredaran Gelap Narkotika (P4GN)Melalui peranserta Tiga Pilar Kelurahan di Kota Cimahi, Selasa (16/10).

Kegiatan tersebut digelar di Hotel Endah Parahiangan. Nampak  hadiri pada kegiatan itu, Sekda Kota Cimahi Hjh DR Maria Fitriana,S.Sos,MM. Kepala BNN Provinsi Jawa Barat Brigjen Pol.Drs .Sufyan Syarif M.H. Ketua BNN Kota Cimahi Ifan Eka Satya, Dandim 0609/Kab Bandung Let Kol Arh Yeguh Waluyo, Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara, Bhabinkamtibmas se Polres Cimahi dan Babinsa se wilayah Kodim 0609 / Kab Bandung, Lurah dan Camat se kota Cimahi serta para Kepala Puskesmas se Kota Cimahi.

Ketua BNN Kota Cimahi dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mengucapkan banyak  terima kasih pada semua pihak yang sudah terlibat dalam kegiatan hari ini yang merupakan kegiatan bersama untuk mencegah peredaran gelap Narkoba.

Dalam kesempatan yang sama Kapolres Cimahi  juga memaparkan, Proxi War (Perang dingin) merupakan pola baru yang digunakan pada saat ini. Pola yang berubah dalam menghancurkan satu negara tidak perlu dengan mengirim tentara dengan  biaya yang tinggi. Cukup dengan memecah belah bangsa dengan intoleran, radikalisme, terorisme dan Narkoba serta didukung dengan Hoax.

Karena itu, Kapolres Cimahi mengajak semua pihak untuk hati-hati dan lebih waspada. Mari bertabayun dan jangan terlibat untuk menyebarkan berita Hoax. Terkait bahaya Narkoba, perlu diketahui Narkoba merupakan bentuk penjajahan model baru  dan Narkoba itu musuh kita bersama. “ Musuh Negara, Pemerintah, TNI, Polri dan Tiga Pilar ini harus bekerja sama dan sama-sama bekerja untuk memerangi Narkoba secara efektif,” kata Kapolres.

Dandim Cimahi dalam sambutannya mengatakan, setelah kemaren di KBB kini BNN kembali menggelar sosialisasi ini di Cimahi. Mudah- mudahan ini bisa mensinergikan tiga pilar. Yaitu Pemerintah Daerah, TNI dan Polri untuk bersama-sama menghadapi dan mencegah beredarnya Narkoba.

Dandi menegaskan, Indonesia merupakan negara yang  besar dengan jumlah penduduk yang padat. Karena itu, merupakan negara yang strategis untuk  banyak negara yag ingin dibawah kekuasaan mereka. “Musuh kita tidak terlihat mereka menggunakan Proxi WAR. Indonesia sangat rentan untuk dipecah belah, karena beranekaragamnya suku dan bahasa.

Kini mereka berusaha merusak dengan menggunakan Narkoba. Hal ini sudah sangat menghawatirkan. Sasarannya bukan hanya masyarakat biasa saja tapi menyasar ke semua lapisan  masyarakat.

“ Hal ini yang harus kita waspadai. Kegotong-royongan kita sudah bergeser ke individualis. kita lebih cenderung memperhatikan Gajet kita. yang jauh jadi dekat yang dekat jadi jauh. Ini juga salah satu bentuk Proxi War. mari kita lebih mengedapkan adat dan budaya lokal kita,” kata Dandim.

Selanjutnya Kepala BNN Propunsi Jabar, Drs Brigjen Pol Supyan Sarif mengatakan, masalah narkoba ini sangat komplek. Masalah sosial dan ini harus ada kerjasama dan keterlibatan semua pihak. Tidak hanya BNN saja. karena narkoba saat ini sudah dijadikan alat untuk melemahkan, menghancurkan satu kelompok, satu bangsa.

Dari iseng dan coba coba, narkoba mulai menyebar dengan alasan menggunakan narkoba sebagai suplemen bagi para pekerja. Ini terjadi di seluruh Indonesia.

Narkoba diawali dengan kebutuhan dan diakhiri dengan penyesalan. Bulan kemren kita amankan 7 kg. Mari kita jaga anak-anak kita, saudara kita. Karena Indonesia adalah konsumen terbesar di Asia.

“ Desa adalah kekuatan terdepan karena di situ ada Bhabinkamtibmas, Babinsa, Lurah, Kepala Desa untuk bersinergi bersama-sama mencegah peredaran gelap narkoba.yang belum kita cegah yang sudah direhabilitasi,” ujarnya.

Sementara Sekda Cimahi dalam sambutanya mengatakan,  pihaknya dari Pemkot  Cimahi bekerjasama dengan BNN dan TNI, Polri, bagaimana jahatnya narkoba bagi seluruh masyarakat. “ Peredaran narkoba bisa terjadi kepada siapa saja termasuk di ASN dan keluarga harus menjadi benteng utama dalam menangkal penyebaran Narkoba, mari kita jauhi narkoba,” pesannya singkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here