Pemkab Cianjur Dorong Desa Menjadi Desa Sadar Hukum

0
158


Laporan : Yanto Hidayat

Cianjur, metropuncaknews.com – Sebanyak 191 desa dari 354 desa di Kabupaten Cianjur, diklaim pihak Bagian Hukum Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, sudah terbentuk menjadi desa sadar hukum.

Sementara untuk sisanya, sebanyak 163 desa belum tereralisasikan menjadi Desa Sadar Hukum.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur, DR. Irfan Sofyan SH.MH, menyampaikan, pihaknya akan terus mendorong supaya desa-desa tersebut segera membentuk Desa Sadar Hukum.

“Untuk 163 desa ini akan kita dorong supaya segera membentuk desa sadar hukum,” katanya kepada wartawan Kamis, (06/01/2022) lalu.

Desa Sadar Hukum ini, lanjut Irfan, merupakan upaya pemerintah untuk lebih menyadarkan masyarakat terhadap berbagai aturan sebagaimana diatur UUD 1945. Nah sementara itu, di wilayah Kabupaten Cianjur, sejauh ini belum seluruhnya membentuk Desa Sadar Hukum.

“Dari sebanyak 354 desa seKabupaten Cianjur, baru terbentuk 191 Desa Sadar Hukum atau sekitar 54%. Sedangkan sisanya sebanyak 163 akan didorong agar segera membentuk Desa Sadar Hukum.” terangnya.

Irfan menyambungkan, dengan mendorong menjadi Desa Sadar Hukum, ini adalah apresiasi Pemkab Cianjur sebagai bentuk penghargaan terhadap desa-desa yang berprestasi.

“Mudah-mudahan dengan adanya penghargaan ini, bisa memicu desa supaya bisa segera membentuk Desa Sadar Hukum,” sambungnya.

Irfan juga mengatakan, pekerjaan rumah selanjutnya akan segera membentuk Desa Sadar Hukum di 163 desa lainnya.

“Memang saat ini ada 5 kecamatan yang sama sekali belum ada Desa Sadar Hukumnya. Nah, tugas yang akan kami lakukan akan segera membentuk agar semua desa bisa membentuk Desa Sadar Hukum,” paparnya.

Terakhir Irfan menyampaikan, sebetulnya banyak keuntungan bagi masyarakat saat wilayahnya sudah ditetapkan sebagai Desa Sadar Hukum. Artinya, mereka akan didorong untuk melek hukum, sehingga tak menabrak aturan yang berlaku.

“Konsepnya kan membaca. Jadi ke depan tidak ada lagi warga yang melanggar aturan-aturan itu,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here