Laporan : Has

Cianjur, metropuncaknews.com – Plt Bupati Cianjur H. Herman Suherman kembali memimpin Program Percepatan Pembangunan yang dikemas dalam Cianjur Ngawangun Lembur (CNL) di Desa Ciherang, Kecamatan Pacet. Selasa (4/3/2020).

Pada kesempatan tersebut tidak lupa Bupati membawa serta dinas terkait termasuk membawa berbagai bantuan dan pelayanan. Seperti bantuan bidang kesehatan memberikan pelayanan pengobatan gratis, sceening PTM, khitanan, pelayanan KB dan iva test secara gratis. Pada kesempatan itu juga dilaksanakan penandatanganan prasasti Peresmian Gedung Baru Puskesmas Sukanagalih, Kecamatan Pacet.

Herman Suherman mengatakan, kesehatan merupakan salah satu indikator untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Selain itu juga merupakan salah satu komitmen Pemerintah Daerah untuk memperbaiki mutu pelayanan, baik dari sisi alur pelayanan maupun ketersediaan sarana prasarana yang layak.

“Akses pelayanan dan jaminan kesehatan sudah baik, lebih dari 85 persen, sekarang di masyarakat sebetulnya lebih pada bagaimana cara kemandirian masyarakat untuk hidup sehatnya,” kata Herman.

Lebih lanjut Herman berharap, perilaku hidup bersih dan sehat memang harus diupayakan. Karena itu menjadi satu kunci untuk pembangunan kesehatan yang lebih baik.

“ Sehat itu tidak terjadi tiba-tiba tetapi itu adalah sesuatu yang perlu diupayakan dengan cara kemandirian,” ujarnya.

Sementara Sekdis Kesehatan dr. Irvan Nurfauzi menuturkan, selain memberikan pelayanan kesehatan secara gratis juga dilaksanakan penandatangan prasasti peresmian gedung baru Puskesmas Sukanagalih. Puskesmas Sukanagalih dibangun dari anggaran DAK (Dana Alokasi Khusus) tahun 2019 dan selesai pembangunannya sesuai dengan jadwal. Ada pun Puskesmas itu dibangun diatas tanah seluas  250 m2 dan luas bangunan 400m2.

“ Itu memakai lahan Puskesmas Sukanagalih, awalnya satu lantai sekarang dibangun menjadi dua lantai. Dilantai duanya itu adalah khsusus ruang kerja perkantoran dan dibawahnya murni semua untuk pelayanan,” tuturnya.

Ia menambahkan, sesuai dengan Permenkes No. 74 tahun 2014 tentang Puskesmas, tentunya menambah dan memperbaiki akses layanan. Selanjutnya memberikan motivasi kepada para karyawan harus semangat dan lebih baik lagi melayani masyarakat.

“ Rencana kita akan membangun dibeberapa tempat diantaranya di Nagrak, Cipanas, Kademangan, dan melanjutkan tahap dua untuk Puskesmas Sukasari di Kecamatan Kadupandak,” terangnya.

Selain itu, Kapus Sukanagalih Agus Suhendar mengatakan, dengan diresmikannya gedung baru Puskesmas Sukanagalih menjadi ujung tombak dalam pelayanan kesehatan dan diharapkan semakin meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat untuk mewujudkan individu yang sehat, keluarga yang sehat, desa yang sehat dan kecamatan yang sehat dan pada akhirnya dapat mewujudkan kabupaten yang lebih sehat.

“ Semoga dengan fasilitas sarana dan prasarana yang lebih baik yang dimiliki oleh Pusksesmas Sukanagalih saat ini akan membuat pasien lebih nyaman ketika dilayani,” pungkasnya. (Sumber : Kominfo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here