Pemilik Rutilahu di Desa Naringgul kini bisa tinggal di rumah baru yang layak huni

Laporan : Shandi/R Dani

Cianjur, metropuncaknews.com– Setelah selesai pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), Ketua Panitia Pembangunan Rutilahu yang juga Ketua LPM Desa Naringgul, Kecamatan Naringgul, Cianjur Selatan, menyerahkan kunci rumah pada pemilik rumah. Salah seorang diantaranya adalah Undang (45)  warga Desa Naringgul, Kecamatan Naringgul, Cianjur Selatan. Seusai menerima kunci rumah, Undang mengatakan, kini ia dan keluarga merasa lebih lega bisa tinggal di rumah barunya.

Diakui Undang saat ditemui awak media, Minggu (25/11), setelah dibangunkan rumah oleh pemerintah, ia saya merasa bersyukur dan mengucapkan terima kasih pada pemerintah. Khususnya pada  Camat Naringgul, Kapolsek, Danposmil, Kepala Desa, Ketua LPM dan tokoh masyarakat Naringgul.yang telah peduli terhadap warganya yang tidak mampu.

“Alhamdulillah setelah selesainya pembangunan rumah milik saya, yang sebelum memang sangat mengkhawatirkan sekarang lebih pantas disebut rumah, dan saya juga merasa lega serta nyaman dirumah baru ini,” kata Undang.

Selanjutnya Undang mengatakan, dirinya tak tahu harus bicara apa. Hanya ucapan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada pihak terkait yang terlibat dalam program Rutilahu. “ Apalagi dengan diadakannya kegiatan syukuran menempati rumah baru dan mereka bisa menyempatkan hadir,” ungkap Undang dengan nada haru.

Undang berharap, program Rutilahu dapat terus berjalan. Ssehingga warga yang benar-benar tidak mampu merasa sangat terbantu.

Dinas Perumahan dan Pemukiman Rakyat Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memberikan bantuan dengan merehab sejumlah rumah tidak layak huni di wilayah Kecamatan Naringgul, Cianjur Selatan.

Melalui anggaran tahun 2018 dari Pemprov Jawa Barat, sebanyak 20 unit rumah tidak layak huni di 5 desa di wilayah Kecamatan Naringgul mendapatkan bantuan rehab. Salah satunya yang sudah selesai adalah rumah milik Undang di Naringgul Cianjur Selatan.

Sementara itu, Sandy Mulyadi, Tim Pendamping dari Kabupaten Cianjur mengungkapkan kepuasannya atas hasil program Rutilahu yang berjalan lancar di wilayah Naringgul.

“ Setelah kami pantau dan dampingi, mulai dari titik nol ternyata untuk Desa Naringgul pengerjaannya memuaskan dan tepat waktu. Bahkan yang paling kami kagumi semua unsur ikut terlibat sehingga dalam pelaksanannya bisa membangkitkan kembali jiwa kebersamaan,” terang Sandy.

Ia menambahkan, gotong royong dan swadaya masyarakatnya begitu tinggi. Hingga patut dijadikan contoh untuk desa lainnya.

“ Insya Allah untuk wilayah Kecamatan Naringgul mudah-mudahan kedepannya bisa mendapatkan lagi program bantuan Rutilahu. Persiapkan dari sekarang sehingga kedepannya akan tepat waktu dan tepat sasaran,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here