Laporan : Cece

Cianjur, metropuncaknees.com – Panitia Pemilihan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Cieundeur Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur melaksanakan pemilihan anggota BPD Cieundeur untuk periode 2019 – 2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Desa Cieundeur, Rabu (27/2).

Acara tersebut dihadiri Sekdes Cieundeur Muhamad Diki yang mewakili Kades Cieundeur Asep Zaenal Muntahidin, Ketua Panitia Tohari beserta anggota dan perwakilan masyarakat dari masing masing RT dan RW.

Sebelum acara pemilihan dimulai, Sekertaris Desa Cieundeur Muhamad Diki dalam sambutannya menjelaskan sedikit tugas dan fungsi anggota BPD dalam pelaksanaan keberlangsungan roda pemerintahan di desa. Pemilihan/pembentukan Anggota BPD disesuaikan dengan kedudukan Desa.

“ Sebagai penyelengara Pemerintahan Desa dan Pengambil Keputusan, maka anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan dengan cara musyawarah dan mufakat seperti yang kita laksanakan ini,” kata Diki
Sementara itu, ketua Panitia Ade Ismatullah sebelum acara pemilihan dimulai, menjelaskan tentang mekanisme pemilihan BPD seperti yang tertera dalam peraturan Menteri dalam negeri Republik Indonesia nomor 110 tahun 2016 tentang BPD.

“ Sesuai apa yang diatur dengan undang-undang nomer 6 tahun 2014 tentang desa dan peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksana undang -undang nomer 6 tahun 2014 tentang desa serta surat sekretaris daerah nomor 149/2216/437,80 /2018 tentang badan permusyawaratan desa,” jelasnya.

Lebih lanjut Ade mengatakan, karena badan permusyawaratan desa adalah lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan berdasarkan demokrasi atau musyawarah.
Maka sesuai dengan peraturan yang baru, lanjut Ade, harus ada 1 (satu) orang wakil perempuan yang jadi anggota BPD. Untuk itu, maka diadakan pemilihan anggota BPD dengan wakil perempuan secara mufakat sebagai anggota BPD dari unsur keterwakilan perempuan.
Sebagai pembelajaran demokrasi maka dilanjutkan pemilihan anggota BPD Cieundeur dari keterwakilan perempuan. “ Ada pun proses pemilihannya berjalan lancar dan dengan semangat tinggi dan semua yang memiliki hak pilih memberikan suaranya,” jelas Ade.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here