Upacara peringatan Sumpah Pemuda yang digelae Pemerintahan Kecamatan Warungkondang di lapang Jagaraksa

Laporan : Cece

Cianjur, metropuncaknew.com – Pemerintah Kecamatan Warungkondang menggelar upacara peringatan Sumpah Pemuda yang ke-90. Kegiatan tersebut dilaksanakan di lapang Jagaraksa Warungkondang, Senin (29/10)

Kegiatan tersebut merupakan bukti otentik lahirnya persatuan Bangsa Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928. Karena itu, seluruh rakyat Indonesia seharusnya mengingat dan memperingati kejadian pada tanggal 28 Oktober sebagai hari lahirnya persatuan Bangsa Indonesia. Proses lahirnya persatuan Bangsa Indonesia ini adalah sebuah hasil dari perjuangan rakyat Indonesia selama ratusan tahun.

Mereka tertindas dan menderita di bawah kekuasaan bangsa kolonialis pada masa itu. Keadaan yang menyedihkan inilah yang mendorong semangat para pemuda untuk membulatkan keinginan mereka untuk menjungjung nilai harkat dan martabat hidup rakyat Indonesia asli. Keinginan inilah yang mendasari komitmen perjuangan rakyat Indonesia dalam memperoleh pengakuan kemerdekaannya. Hingga 17 tahun kemudian Indonesia Merdeka yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini mengangkat tema “ Bangun Jiwa Pemuda Untuk Jauhi Prilaku Yang Menyimpang  Dan Peduli Sesama”. Hadir dalam upacara kali ini seluruh kepala desa se Kecamatan Warungkondang dan siswa-siswi SD,SMP,SMA dan para guru serta kepala sekolahnya.

Pada upacara tersebut, Camat Warungkondang Candra Dwi Kusuma, SH.  bertindak sebagai pembina upacara. Dalam sambutannya Camat mengatakan, kita semua dan pemuda khususnya, untuk menjauhi semua prilaku yang menyimpang. Baik itu tinjauan dari hukum, SARA, agama, maupun aturan dari ketatanegaraan. Terutama maraknya kasus LGBT, Narkoba, yang jadi pebincangan saat ini.

“ Untuk itu,  perlu memantapkan tekad untuk terus menerus mempertahankan kemandirian dan kreativitas dengan membangun identitas kebangsaan yang lebih kokoh dan bermartabat,” ungkap Candra saat dihubungi, Selasa (30/10).

Mengakhiri perbincangannya dengan metropuncaknews.com, Chandra mengatakan, semoga dengan semangat dan tekad dari Sumpah Pemuda dapat membangun Bangsa Indonesia  menjadi lebih maju dan berkembang serta tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here