Rapat pembahasan masalah PT Tree Six World di aula Kecamatan Ciranjang

Liputan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Pemerintahan Kecamatan Ciranjang dan Pemerintahan Desa Cibiuk Kecamatan Ciranjang Cianjur menyatakan, pihaknya akan mengupayakan agar PT. Tree Six World yang berlokasi Kampung Andir Desa Cibiuk tidak jadi tutup.

Pasalnya, pemilik perusahaan secara lisan telah mengatakan, perusahaannya akan ditutup total dan akan pindah ke kota lain di luar Kabupaten Cianjur.

Hal tersebut disampaikan pemilik perusahaan saat PT. Three Six World didemo warga dan Ormas Cianjur Aliansi Independen (CAI) beberapa hari yang lalu.

Adanya pernyataan pemilik perusahaan akan menutup total pabriknya itu, membuat kurang lebih 1000 orang pekerja TP. Three Six merasa wswas, khawatir dan riskan, karena akan kehilangan pekerjaan. Karena itu, pihak Pemerintahan Kecamatan Ciranjang, Selasa 18/07 sekira pukul 09.00 WIB melaksanakan musyawarah dengan Pemerintahan Desa Cibiuk dan elemen lainnya. Seperti halnya BPD, LPM, PWK ARWT, Karang Taruna, Babinmas, Babinsa dan tokoh masyarakat Desa Cibiuk. Musyawarah tersebut dilaksanakan di aula Kecamatan Ciranjang.

Camat Ciranjang Saeful Anwar saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, musyawarah itu merupakan suatu upaya untuk meminta pihak pemilik PT. Three Six World membatalkan niatnya, menutup total pabriknya.

Karena bila benar jadi ditutup, maka akan banyak korban yang dirugikan. Terutama para karyawan dan karyawati PT. Three Six World. Jelas, mereka akan kehilangan mata pencahariannya. Selain itu, tingkat pengangguran di Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur akan bertambah banyak.

Selain itu, lanjut Saeful Anwar, pihaknya juga meminta pada pihak PT. Three Six World agar mampu proaktif dengan dengan pihak pemerintahan kecamatan, desa dan RT/RW setempat. Karena hal itu penting untuk menjalin komunikasi, kerjasama yang baik. Termasuk untuk keamanan dan kenyamanan di sekitar lingkungan perusahaan.

Tidak hanya itu saja, Saeful Anwar  menyampaikan pada seluruh karyawan dan karyawati yang sekarang masih bekerja di PT. Three Six World. Jangan merasa riskan dan khawatir. Bekerja saja sebagai mana mestinya. Karena seluruh permasalahan sedang diupayakan pihak Pemerintahan Kecamatan Ciranjang, Pemerintahan Desa Cibiuk, BPD, LPM, PWK ARWT, Binmas, Binsa dan tokoh masyarakat Desa Cibiuk.

“ Kesepakatan bersama tersebut, seluruhnya langsung dilaporkan pada Bupati, DPRD Kabupaten Cianjur, pihak PT.Three Six World dan dinas instansi, lembaga terkait,” kata Saeful Anwar.

Sementara itu, Kepala Desa Cibiuk Yandi Ruhyandi Z mengatakan, bila benar pabrik akan ditutup total, akan merugikan banyak pihak. Diantaranya pihak karyawan dan karyawati itu sendiri, termasuk pihak Pemerintahan Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang dan Pemerintahan Kabupaten Cianjur.

Selain itu, pihaknya mengaharapkan pada pihak PT. Three Six World agar peduli terhadap masyarakat setempat dan mampu memproritaskan warga Desa Cibiuk menjadi karyawan dan karyawati di PT. Three Six World.

“ Semoga saja upaya yersebut dikabulkan pihal PT. Three Six dan pihak Pemkab Cianjur mohon bantuan untuk melakukan solusi supaya pemilik PT. Three Six tidak jadi menutup pabriknya,” kata Yandi.

Dilain pihak, salah seorang orang tua karyawati  PT. Three Six World, warga Kecamatan Ciranjang, Tatang Abdurahman (63) mengatakan, putri bungsunya  Intan (21) sekarang ini sedang bekerja menjadi karyawati PT. Three Six World.

Tentu saja hal itu menjadi kebanggaan keluarga. Karena Intan kini menjadi tulang lunggung keluarga. Kebutuhan keluarganya ditangung dari upah kerja Intan.

Maka saat mendengar PT. Three Six akan ditutup, pihaknya merasa riskan dan kecewa. Karena bila benar ditutup, anaknya akan kehilangan mata pencaharian dan akan kesulitan lagi untuk mencari makan sehari hari.

Tapi kalau memang benar PT. Three Six jadi ditutup, maka ia akan diminta pertangung jawaban pada pihak perusahaan dan minta pesangon. “ Selain itu, saya akan minta pada koordinator demo agar mencarikan pekerjaan yang layaknya seperti di PT. Three Six,” tegas Tatang Abdurahman pada wartawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here