Laporan: Iriyanto

Cianjur metropuncaknews.com – Pemerintah dan masyarakat terus bahu-membahu dalam menangkal dan mencegah wabah Covid-19. Seperti upaya yang telah dilakukan Pemerintah Desa Sukatani bersama Karang Taruna dan warganya dalam mencegah penyebaraan Covid 19.

Setelah sebelumnya melakukan penyemprotan dan membagikan masker kepada warga. Kali ini Kades Sukatani bersama Ketua Karang Taruna mengadakan 1 alat pemindai suhu tubuh thermoscan. Saat ini alat tersebut diandalkan sebagai pendeteksi dini seseorang yang diduga terpapar corona atau tidak.

Kepala Desa Sukatani Ajat Sudrajat mengatakan, pengadaan satu buah rapid test di setiap Posko Satgas adalah inisiatif warga bersama Pemerintah Desa Sukatani dalam melawan Covid-19 yang saat ini mewabah.

Selain warga Sukatani, nantinya alat ini akan digunakan juga pada warga dari luar yang masuk dengan berbagai kepentingan. Baik itu kepentingan di masyarakat maupun kepentingan administrasi di kantor desa.

“ Jadi ini adalah inisiatif kita bersama warga bagaimana pencegahan itu kita lakukan secara intens termasuk pengecekan suhu kepada setiap warga yang keluar masuk wilayah batas desa. Jadi kita adakan juga dari mengumpulkan dana mulai dari warga, kepala dusun sampai kita-kita yang ada di desa,” jelas Ajat.

Disela pengetesan rapid tes, Ketua Karang Taruna Desa Sukatani sekaligus Ketua Posko 1 Satgas Covid 19 melakukan pemberian masker sebanyak 5000 pcs, di jalan posko I (satu) satgas Covid 19. Tepatnya di Kp. Kulina Dusun 1 Desa Sukatani, Rabu (15/04).

Menurutnya, meski saat ini wilayah Kabupaten Cianjur khususnya Desa Sukatani masih berstatus zona hijau, tetapi bukan berarti tingkat kewaspadaan dilemahkan. Untuk itu di masing-masing wilayah desa dan kedusunan harus mengantisipasi penyebaran virus corona secara masif dan berkesinambungan.

“ Saat kami diintruksikan oleh bupati untuk  menjaga wilayah masing-masing, kami lakukan antisipasi apa yang perlu dilakukan dengan melibatkan semua pihak, termasuk Babinsa dan Bhabimkabtikmas dan warga,” ujar Ganjar.

Ia berharap dengan adanya alat rapid test ini dapat digunakan dengan baik dan maksimal. Sehingga pihak pemerintah desa bersama masyarakat dalam pencegahan Covid 19 bisa mendeteksi lebih awal jika ada warga yang berpotensi terpapar corona.

“ Mari bersama-sama kita gunakan alat ini, semoga alat ini bisa menjadi salah satu senjata dalam pencegahan penyebaran Covid 19 khususnya di wilayah kita Cianjur ini,” harap Ganjar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here