Pembangunan jalan Desa Sukaratu dengan cor beton redimix

Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com – Turunnya bantuan Dana Desa (DD) tahap III, tahun anggaran 2018, Pemerintahan Desa Sukaratu, Kecamatan Bojongpicung, Cianjur, menerapkannya pada pembangunan jalan desa dengan cor beton. Yaitu jalan antara Kampung Citapen sampai dengan Kampung Darmaga sepanjang  858 meter, lebar 3 meter dan tinggi 15 Cm.

Ruas jalan tersebut merupakan jalur jalan protokol. Tempat keluar masuknya kendaraan dari berbagai arah kampung pemukiman warga dan dari Kantor Desa Sukaratu menuju ke arah luar Kota Kecamatan Bojongpicung, Ciranjang, Cianjur dan ke kota lainnya. 

Maka dengan dibangunnya jalan tersebut, tentu saja akan mampu mendongkrak roda perekonomian seluruh warga Desa Sukaratu dan warga desa lainnya. Karena penduduk Desa Sukaratu mayoritas berpenghasilan dari pertanian padi, palawija, sayuran, kayu dan hasil bumi lainnya. 

Tidak hanya itu saja, kesejahteraan warga Desa Sukaratu yang lainnya, seperti pendidikan dan pelayanan kesehatan akan terangkat pula. Karena menuju berbagai SD, SMP, MTs, SMK, menuju Puskesmas dan RS akan lebih cepat, aman dan lancar. 

Untuk itu, diharapkan kepada seluruh warga, dapat mempergunakan jalan tersebur sesuai kapasitas yang ada. Selain itu, juga harus merasa memiliki, saling memelihara dan mengawasi. Supaya manfaatnya maksimal, tahan lama dan tidak cepat ambrol,” kata Kepala Desa Sukaratu, Ahmad Hidayat K. 

Sementata itu, Ketua BPD Sukaratu, Cecep Sumarna menambahkan, pembangunan cor beton jalan desa tersebut, seluruhnya menggunakan bahan cor beton redimix. Bukan menggunakan cor beton hasil olahan molen yang dikerjakan ditempat dengan cara manual. 

Hal itu, dilakukan berdasarkan hasil kesepakatan dan permintaan seluruh warga. Karena ruas jalan dari Kampung Dermaga menuju Kantor Desa dan pemukiman  warga itu merupakan jalan utama yang sebelumnya telah rusak berat. 

Biarpun dibangun dengan cor beton redimix, pengerjaanya tetap dilaksanakan pihak TPKD dibantu ormas dan warga Desa Sukaratu.

“ Diharapkan pada seluruh warga Desa Sukaratu, agar bersabar, karena jalan yang baru selesai dibangun, belum bisa digunakan sebelum dibuka, supaya kekeringannya maksimal,” jelas Cecep.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here