Laporan : Sam Apip

Cianjur, metropuncaknews.com  – Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) ukuran 7 X 4 Meter milik pasangan suami istri (Pasutri) Ruslan (50) dan Jejeh (45) Warga Kampung Bungbulang RT02 /01 Desa Nanggalamekar Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, Minggu (4/4/2021) dibangun Pemerintahan Desa Nanggalamekar. Perbaikan Rutilahu tersebut merupakan kerja bareng dengan masyarakat setempat dengan cara gotong royong.

Tokoh pemuda Desa Nanggalamekar, Asep Miftahul Falah (26) mengatakan, Rutilahu milik  Ruslan tersebut, kondisinya memprihatinkan dan mau ambruk.

Karena itu, pihaknya bersama masyarakat melakukan musyawarah. Tujuannya ingin membongkar dan sekaligus dibangunkan rumah layak huni. Setelah itu Ketua RT/RW dan tokoh masyarakat  melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Nanggalamekar.

Kepala Desa Naggalamekar merespon usulan masyarakat tersebut. Maka pada pagi harinya Rutilahu tersebut langsung dibongkar dan dibangun dengan konstruksi permanen. Biaya pembangunan rumah tersebut didapat dari hasil urunan masyarakat dan pemerintahan Desa Nanggalamekar menyumbangnya. “ Sedangkan tenaga tukang dan buruh lainnya, dikerjakan secara gotong royong,” jelas Asep.

Sementara itu Kepala Desa Nanggalamekar, Hilman S.Kom menambahkan, Rutilahu yang ada di wilayah Desa Nanggalamekar kurang lebih sebanyak 30 unit rumah. Mulai dari bulan sekarang pihaknya secara bertahap telah mampu menyesuaikan pembangunannya sebanyak 5 unit Rutilahu milik masyarakat.

Seperti yang sekarang sedang dilaksanakan pembangunannya, rumah milik Pasutri Ruslan dan Jejeh, itu yang ke 5 kalinya dibangun dan seluruh pembangunan Rutilahu akan terus diupayakan dibangun dengan didanai dari Pendapatan Asli Desa (PADes).

Sebab bila selama ini ketergantungan pada Pemerintah Provinsi maupun Pemkab Cianjur, mungkin agak terlalu lama. Karena rata – rata kondisi Rutilahu yang sudah tercatat, itu sudah rusak berat. “Hingga kalau tidak segera diperbaiki, takut terjadi hal yang tidak diinginkan semua pihak,” ucap Kades.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here