Aparat Desa Mekarjaya bekerja keras membenahi permohonan PTSL dari warganya

Laporan : Shandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Masyarakat Desa Mekarjaya Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur, antusias menyambut adanya program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang diadakan di desanya. Terlebih bagi mereka yang belum melengkapi surat-surat kelengkapan tanah miliknya.

Keadaan tersebut sangat mendorong Pemerintahan Desa Mekarjaya yang dipimpin Imas Rohayati, untuk lebih bekerja ekstra keras untuk mewujudkan program tersebut.

Sebanyak 2500 jatah PTSL yang siap di bagikan kepada masyarakat di desa itu. Dan pada saat ini pencapaiannya baru berada di kisaran 150-200 sertifikat yang sudah selesai.

Imas Rohayati saat ditemui di kantornya  berucap syukur dengan mendapat bantuan program PTSL itu. Karena dengan adanya program tersebut jelas sangat membantu masyarakat dalam melengkapi kepemilikan tanahnya.

” Terima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah memberikan bantuan pembuatan sertifikat tanah ini, dan dalam pelaksanaannya pun kami mengikuti acuan yang sudah diputuskan oleh tiga Kementerian yaitu dengan biaya Rp.150.000,- (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah), karena kalau lebih dari itu berarti kan pelanggaran, nanti kita juga yang kena masalah,” ungkapnya.

Imas mengakui, saat ini pencapaiannya dalam program PTSL dari mulai tahap pengukuran hingga yang sudah jadi sertifikat baru mencapai 40%.

Lanjut Imas, untuk masalah pembagian sertifikat tidak dilakukan saat ini, karena dikhawatirkan adanya kekeliruan antar warga.

” Ya, pada prinsipnya ini kan program merata jadi bagaimana caranya supaya selesai secara berbarengan, maka dari itu kami pun bekerja siang malam secara bergantian. Dan saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk melengkapi surat-surat kepemilikan tanahnya, ” jelas Imas.

Sementara dari pihak Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Cianjur Heri Herdiana, yuridis Desa Sindangraja dan Mekarjaya yang saat itu sedang bertugas di desa itu mengatakan, untuk tahun kedua ini berjalan lancar. Tidak ditemukan adanya permasalahan khususnya di Desa Mekarjaya ini.

” Sebelumnya kami (BPN) sudah melakukan sosialisasi mengenai tata cara dan administrasinya. Alhamdulillah selama berjalan beberapa bulan ini tidak ditemukan adanya masalah, hanya saja ada sedikit ketidak sinkronan antara petugas dengan pemohon PTSL, seperti petugas sudah on the track tapi pemohon belum datang. Hal itu jelas menjadi hambatan,”  kata Heri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here