Laporan : Sandi

Cianjur, meyropuncaknews.com – Pemerintahan Desa Cirumput Kecamatan Cugenang Cianjur, mengundang BNNK Kabupaten Cianjur, untuk mensosialisasikan pecegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Dalam sosialisasi itu, seluruh Ketua RT/RW seDesa Cirumput, diundang untuk hadir mengikutinya.

Sosilisasi pecegahan,  pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dilaksanakan Senin (16/12), di aula Desa Cirumput. Hadir pada kegiatan tersebut, Camat Cugenang, Kapolsek Cugenang beserta anggota, Koramil 05/Cugenang beserta Babinsa, tokoh agama, pemuda dan masyarakat setempat.

Pjs Kepala Desa Cirumput Asep R mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut program kepala desa sebelumnya yaitu Beni Irawan.

” Apa yang diprogramkan dari tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2020 nanti, harus ada tindak lanjutnya. Mulai dari ketua RT/RW harus bisa memerangi narkoba di Desa Cirumput ini,” kata Asep R.

Lanjutnya, untuk mewujudkan ‘Cirumput Cemerlang’, dalam memerangi narkoba di Desa Cirumput, sebetulnya sudah memiliki relawan anti narkoba. Hal itu sudah dideklarasikan oleh kepala desa terdahulu Beni Irawan bersama BNN.

” Penanggulangan Narkoba ini sebetulnya bukan masalah penegak hukum saja, melainkan masalah kita semua yang berinteraksi langsung dengan masyarakat. Intinya, saya menginginkan supaya masyarakat sadar hukum, terutama dikalangan remaja, minimalnya mereka mengetahui bahaya negative narkoba. Saya tekankan kepada siapapun mulai saat ini ‘STOP Narkoba’,” tegasnya.

Sebaga narasumber Kepala BNNK Kabupaten Cianjur Dr Basuki SH,  MH, mengatakan, acara yang dilaksanakannya adalah tataran desa bersih narkoba. Kegiatan ini dimotori Pjs Kepala Desa Cirumput, didukung oleh Camat, Danramil 05/Cugenang dan Kapolsek Cugenang.

” Pada kegiatan ini dijelaskan, bagaiaman pola dan strategi kita dalam melakukan pencegahan, pemberantasan dan rehabilitasi, terhadap korban dan pengedar narkoba di wilayah Desa Cirumput ini, ” kata Dr. Basuki.

Lanjut  Basuki, program ini sengaja digalakan supaya masyarakat, paham betul bahwa narkoba sudah masuk ke desa-desa.

” Untuk desa Cirumput ini saya cukup antusias. Pada tahun 2018 lalu, Desa Cirumput ini masih nihil dan mudah-mudahan bisa tetap nihil, karena memang sudah berkoordinasi dengan kami bagaimana memberantas narkoba di wilayahnya,” aku Kepala BNNK Kabupaten Cianjur.

Mengenai penanggulanggannya dilakukan secara masif, mulai dari desa, kecamatan, Babinkamtibmas, Babinsa, terus keatas sampai tingkat kabupaten khususnya di Cianjur.

Basuki jmengatakan, awalnya kita harus bisa menghilangkan pengguna. Memampukan seseorang supaya tidak menggunakan narkoba karena mengetahui dampaknya. Kemudian, masyarakat harus berani melaporkan dan menyerahkan pelaku narkoba ke pihak kepolisian atau terkait lainnya.

“ Terakhir, saya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat akan sadar bahaya narkoba, karena yang diserangnya adalah otak, sehingga pengguna narkoba memiliki daya pikir yang lambat dan kedepannya terjadilah pembodohan bagi dirinya sendiri,” jelasnya.

Sementara Kapolsek Cugenang Iwan Mustawan mengatakan, upaya yang dilakukan Polsek Cugenang yang sudah berjalan, adalah mengadakan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat. Hal itu dilakukan baik oleh Kapolsek sendiri, anggota maupun Bhabinkamtibmas di desanya masing-masing.

” Penyuluhan bahaya narkoba selalu kita berikan, baik itu pada saat rapat di desa, ataupun saat menyambangi dan bersilaturahmi kepada masyarakat. Tidak hanya itu saja, kita juga rutin memberantas penjual miras di wilayah Cugenang. Untuk penangangan narkobanya itu kan langsung oleh Polres, jadi untuk Cugenang ini, alhamdulillah kondusif,” kata Kapolsek Cugenang.

Danramil 05/Cugenang Sulur menambahkan, untuk anggota Koramil 05/Cugenang sendiri, akan menempatkan Babinsa dilingkungan masyarakat. Karena mereka bersama Bhabinkamtibmas lebih paham keadaan lingkungan. Jadi pemantauan dilapangan, dipercayakan kepada mereka yang berada dilapangan.

” Karena narkoba adalah musuh kita bersama, jadi tugas kita adalah memerangi pecegahan, memberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di masyarakat,” ujarnya menegaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here