Laporan : Dhani/Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Demi meningkatkan kesejahteraan di bidang kesehatan warga, Pemerintah Desa Cijedil Kecamatan Cugenang, melakukan jemput bola untuk proses pembuatan BPJS Kesehatan bagi warganya.

Hal tersebut sudah dilakukannya selama tiga termen. Hasilnya pembagian kartu BPJS 55, dan 55 peserta kartu sehat.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (05/9), Kepala Desa Cijedil, Pudin mengatakan, pihaknya telah berusaha semaksimal mungkin membantu warga dalam kebutuhan kesehatan. Hal ini menurutnya sangat penting, pasalnya selain akan digunakan diwaktu yang genting, juga adanya asuransi ini bisa membantu warga yang kurang mampu saat melakukan pengobatan atau pemeriksaan kesehatan.

“Ada ratusan kartu asuransi kesehatan bagi warga yang telah dibantu oleh pihak desa. Diharapkan hal itu bisa dimanfaatkan sebaik mungkin,” jelasnya.

Ada beberapa sistem yang dibantu proses pembuatan BPJS itu. Seperti paket satu keluarga, dan perorangan. Masing-masing dari itu, semua proses pembuatan, warga tinggal menerima manfaat saja, tidak mesti ke kantor asuransi kesehatan.

” Jadi warga terima beres saja. Paling hanya disuruh ngumpulin fotocopy KTP sama KK saja, nanti setelah beres tinggal diambil di kantor desa,” kata Pudin.

Menurutnya, dengan melakukan hal itu, warga bisa lebih memperhatikan tentang arti kesehatan. Jangan sampai dirasa tidak perlu, bahkan santai-santai saja. Karena dampak dari memiliki asuransi kesehatan tersebut, akan sangat terasa ketika diperlukan.

” Waktu itu pernah ada warga berobat ke RSUD, yang mestinya membayar puluhan juta ke rumah, tetapi saya bantu dalam pengadaan BPJS nya, dan akhirnya Alhamdulillah bisa gratis,” ungkapnya.

Lanjutnya, setiap warga Desa Cijedil yang berprofesi sebagai guru mengaji perorangan di rumah, Pemerintah desa siap memberikan keringanan untuk memfasilitasi mendapat BPJS Kesehatan. Terlebih itu untuk asuransi yang non subsidi. Karena telah bekerjasama dengan pemerintah daerah.

” Jabatan itu adalah amanah. Kita mesti memiliki tanggungjawab kepada warga. Apalagi yang betul-betul membutuhkan. Bukan hanya sebatas pembangunan saja, tetapi bidang lainpun itu perlu diperhatikan,” ujarnya.

Salah seorang warga yang telah mendapatkan manfaatnya adalah Aep (55) RT 04 RW 01, dirinya dibantu oleh pemerintah desa dengan pengklaiman BPJS sekitar Rp 48 juta. Karena harus cuci darah dan dirawat selama sebulan di rumah sakit.

” Pada saat saya dirawat, saya senang sekali pak Kades bisa membantu saya. Bahkan yang seharusnya bayar, jadi bisa diringankan karena dibantu proses pengklaiman oleh BPJS,” kata Aep.

Ia berharap, perhatian yang diberikan oleh pemerintah desa ini terus berjalan. Bahkan sangat mengapresiasi jika ada perhatian lain tentang kesejahteraan masyarakat. Itu sangat penting.

” Mudah-mudahan saja tetap konsisten. Pemerintahan Desa Cijedil, memang selama ini banyak berupaya bagi warga. Semoga terus berjalan dengan lancar,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here