Laporan : Oto Iskandar

Sukabumi, metropuncaknews.com – Pembangunan jalan Kampung Ciranca di wilayah RT 04 RW 03 Desa Cicukang Kec.Purabaya Kab. Sukabumi selai dibangun, Rabu (1/9/2021). Jalan tersebut merupakan jalan penghubung ke kampung Babakan Tipar RT 01 RW 04 Desa Cicukang, .

Kepala Desa Cicukang Mumu Mumanja mengatakan, pembangunan pengaspalan jalan di Kp Ciranca tersebut dibangun sepanjang 700 meter dengan lebar 2 meter. Sedangkan anggarannya diambil dari Dana Desa (DD) tahap dua dengan nilai seratus empat puluh juta rupiah. Anggaran itu adalah sisa BLT DD yang di salurkan paada masyarakat penerima manfaat BLT DD yang masing-masing KPM mendapat bantuan sebesar tigaratus ribu perbulannya.

Lebih lanjut Mumu mengatakan, Alhamdulillah disaat pandemi ini, pihaknya masih bisa melakukan pengaspalan jalan. “ Karena dana desa tersebut tersalurkan pada masyarakat penerima BLT DD dan tersalurkan untuk dana PPKM,” ujarnya.

Sementara di tempat yang sama Ketua BPD Desa Cicukang Dede Suhendi mengatakan, pihaknya sebagai Ketua BPD Desa Cicukang dalam pembangunan jalan ini selalu mengawasi kegiatan berjalannya pengaspalan dan pembangunan jalan ini. Hal itu dilakukan sesuai hasil dari beberapa tahapan musyawarah. Seperti musyawarah kedusunan (musdus) dilanjutkan dalam musyawarah desa (musdes) dan terakhir musren bangdes.

“ Tahapan-tahapan itu telah disetujui oleh semua pihak. Baik itu Lembaga Kemasyarakatan Desa (LMD), RT, RW dan disahkan oleh kepala desa dengan BPD Desa Cicukang,” kata Dede Suhendi.

Sementara masyarakat Kp Ciranca dan Kp Babakan Tipar sangat bahagia dengan selesainya pengaspalan jalan tersebut. “ Karena pengaspalan jalan tersebut  sudah lama didamba-dambakan, dan kami berterima kasih kepada pemerintah Desa Cicukang atas pengaspalan jalan tersebut,” ujarnya menegaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here