Pembangunan jalan lintas desa di Kecamatan Cidaun Cianjur Selatan

Laporan: Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Masyarakat Desa Cisalak dan Karyabakti Kecamatan Cidaun Cianjur Selatan bisa kembali tersenyum lebar. Pasalnya, jalan penghubung lintas desa sepanjang 7250 meter dibangun pemerintah pusat.

Pembangunan jalan tersebut dibantu oleh pemerintah pusat melalui kementerian PUPR balai Besar PJN VI. Ada pun anggarannya menggunakan Anggaran APBN tahun 2019 dengan kontraktor pelaksana PT. NINDYA KARYA PUTRA, dan Konsultan pengawas PT.  HEXAGON.

Berdasarkan pantuan awak media  di lokasi pembangunan proyek, semula jalan yang kondisinya sempit terjal berbatu dan berlubang, saat ini sedang dilakukan pelebaraan badan jalan hingga 6 meter lebarnya. Selain itu dipasang saluran air yudit, dan kondisi jalan pun sudah terlihat merata sebab sudah dipasang Agregat sehingga kondisinya sudah rata.

Saat dihubungi awak media, Kamis (18/7), Kepala Desa Karyabakti Sunadi Wiganda Kusuma, mengatakan, ia bersama masyarakat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih pada pemerintah pusat, yang sudah membantu membangun jalan penghubung antar Desa Karyabakti dan Cisalak.

” Alhamdulillah, setelah sekian lama, harapan serta doa masyarakat kami terkabul. Jalan yang panjangnya kurang lebih 8 kilometer, kini dibangun dan diperlebar. Sehingga nantinya akan mulus dan leluasa tidak sempit, terjal dan berbatu seperti sekarang ini,” ujarnya.

Lanjutnya, dengan jalan mulus dan bagus pertumbuhan ekonomi di desa kami tentu akan lebih meningkat.

” Masyarakat di desa kami yang rata-rata hampir semua bertani pepaya California, dan setiap harinya hilir mudik menjual hasil panen pepaya ke Bandung, menggunakan kendaraan roda empat,  sehingga kalau akses jalan ini bagus, akan mempercepat perkembangan perekonomian warga dipinggiran kota Cianjur ini,” tegasnya.

Sunadi berharap, tahun depan, jalan ini bisa nyambung ke jalur gunung sumul Bandung.

” Saya berharap, pemerintah untuk kedepannya. jalan poros desa yang masuk jalan kabupaten ini, bisa terus di tingkatkan pembangunannya sampai ke desa Wanasari, Cinerang hingga Sukamulya Kecamatan Naringgul,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here