Laporan : Sandi/Ace

Cianjur, metropuncaknews.com – Pemerintah Desa Rahong Kecamatan Cilaku Cianjur Jawa Barat, terus melakukan sosialisasi penanganan pencegahan penyebaran virus covid-19 di wilayahnya, Kamis (16/04).

Selain itu, juga membagikan masker, hand sanitizer dan penyemprotan disinfektan pada rumah warga.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat. Karena pemerintah desa berkewajiban melayani masyarakat sepenuhnya.

Kepala Desa Rahong Engkos Koswara mengungkapkan, ini merupakan tugas pertamanya setelah dilanti kemarin. Terlebih saat ini sedang berlangsung perealisasian program pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona di wilayah Desa Rahong.

” Alhamdulillah di Desa Rahong belum ada satupun korban terjangkit virus covid-19. Untuk kedepannya mudah-mudahan di Desa Rahong ini tidak korban wabah dari virus covid-19, karena upaya yang kita lakukan dirasa cukup maksimal,” ungkapnya.

Engkos melanjutkan, untuk penyemprotan disinfektan dilingkungan masyarakat ini, dilakukan tiga kali dalam satu bulan.

” Saya mengimbau agar masyarakat mau bekerjasama dengan pemerintahan, dengan cara mentaati anjuran-anjuran pemerintah untuk hidup sehat (PHBS), tidak keluar rumah kalau tidak penting, rajin mencuci tangan dan melakulan physical distancing,”imbuhnya.

Terakhir Kepala Desa Rahong menambahkan, untuk warga Desa Rahong khususnya, yang bekerja diluar kota (zona merah) apabila pulang kampung/mudik harus membawa surat keterangan sehat dari kota asal. Kemudian melaporkan diri kepada tim kesehatan siaga desa penanganan covid-19 dan mengisolasikan diri sekurangnya 14 hari.

” Untuk warga yang baru pulang dari luar kota ini memang banyak, tapi tidak usah khawatir. Karena sudah diantisipasi oleh tim Siaga Desa dan sampai saat ini tidak ada yang terjangkit virus tersebut,” ujarnya menegaskan.

Dalam kegiatan sosialisasi penanganan penyebaran virus covid-19, Bidan Hj. Rostiani S.St sedang bertugas di Puskesmas Poned Cilaku sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan tersebut. Karena itu, pihaknya telah memerintahkan Bidan PTT Desa Rahong Ratna Kartika untuk menghadiri kegiatan tersebut.

” Mewakili ibu Hj. Rostiani yang sedang bertugas di Puskesmas, saya mengikuti kegiatan sosialisasi bagaimana pencegahan penyebaran virus covid-19 di Desa Rahong ini,” ucap Ratna.

Lanjut Ratna, upaya ini dilakukan untuk pencegahan penyebaran wabah virus covid-19 diwilayah Desa Rahong. Diharapkan masyarakat tetap menjaga kebersihan, kesehatan dan tidak keluar rumah apabila tidak penting.

” Kedepannya sosialisasi untuk pencegahan pandemi Covid-19 ini, akan terus dilakukan bersama Pemerintah Desa Rahong beserta staff, tim Siaga Desa, Bidan Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa,” tandasnya.

Sementara, Babhinkamtibmas Desa Rahong Bripka Nana Sumarna bersama Babinsa Desa Sertu Yusup menambahkan, pihaknya akan selalu mendukung segala kegiatan pencegahan covid-19 sesuai instruksi dari atasan.

” Kami akan terus mendukung dan mengawal kegiatan pencegahan wabah virus covid-19 di wilayah Desa Rahong ini,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here