Laporan : Dadan

Sukabumi, metropuncaknews.com – Pemerintah Desa Langensari, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Rabu ( 24/11/2021 ) menggelar Musyawarah Desa (Musdes) membahas Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPJMDes) tahun anggaran 2022.

Musdes tersebut, dilaksanakan di Aula Kantor Desa, hal itu dilakukan upaya mewujudkan rencana pembangunan jangka menengah dan jangka panjang, demi tercapainya pemanfaatan potensi desa secara maksimal, efisien, efektif, dan akuntabel.

Saat itu, nampak hadir Camat Sukaraja Erry Esrtanto Yulia S.ip yang diwakili Ai Hamidah, perangkat Desa, BPD, Babinkantibmas, pendamping Desa, RT, RW, PKK, Kader Posyandu, dan sejumlah tokoh masyarakat desa setempat.

Kepala Desa Langensari Nasihin menerangkan, dilaksanaknnya Musdes tiada lain untuk menentukan pelaksanaan pembangunan dan pelayanan desa dimasa yang akan datang yang hasilnya Musdes akan ditetapkan menjadi RKPMDes.

Selain itu nantinya akan menjadi dasar penyusunan dan penetapan Anggaran pendapatan dan Belanja Desa ( APBDes ) dan akan diusulkan kepada pemerintah Kabupaten ( PEMKAB ) melalui Dinas terkait dengan mengikuti mekanisme perencanaan pembangunan daerah, Ucapnya.

Nasihin meneruskan, dengan ada Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang anggarannya di ambil dari Dana Desa (DD) itu belum efektif di rasakan warga masyarakat, sebab warga pada umumnya menginginkan anggaran tersebut di prioritaskan untuk pembangunan infrasturktur seperti pembangunan jalan desa, Mobil Siaga dan usaha UMKM.

Maka dengan adanya itu, pihaknya berharap untuk tahun depan anggaran BLT yang sekarang diterima untuk 241 Keluarga Penerima Manpaat (KPM) warga Desa Langensari dapat dialih pungsi kan pada pembangunan infrsastuktur, pemulihan ekonomi warga an pemberdayaan masyarakat, pungakasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here