Salah satu destinasi wisata yang dimiliki Desa Kemang

Laporan : Agus

Cianjur, metropuncaknews.com – Banyaknya destinasi wisata yang indah di wilayah Desa Kemang Kecamatan Bojong Picung Kabupaten Cianjur, mengundang perhatian khusus pemerintahan setempat. Untk itu, Pemerintahan Desa Kemang akan segera menata Curug Pancuran yang berada di wilayah perbatasan Kp. Cirangkong dan Kp. Mujit untuk dijadikan tempat wisata. Sedangkan pengelolaannya nanti akan dilaksanakan oleh pihak BUMDes.

Kepala Desa Kemang, Dadan R Subana saat ditemui dirumahnya Selasa (5/2)  mengatakan, wilayah Desa Kemang memiliki luas 2518,630 H. Di area seluas itu, banyak tempat yang sangat indah yang pantas untuk dijadikan tempat wisata. Seperti Curug Pancuran, Curug Lalai, Curug Nini, Curug Ciung dan Curug Muning.

“ Melihat potensi alam yang begitu banyak dan indah, sungguh sangat disayangkan jika tidak diolah dengan baik. Maka pada untuk tahun ini, kami telah memprioritaskan Curug Pancuran akan segera dikelola dan ditata agar dapat memberikan kenyamanan terhadap pengunjung,” jelas Dadan.

Lebih lanjut Dadan mengatakan, untuk itu, memang banyak penataan yang harus dilakukan. Terutama adalah untuk akses jalan dan lahan parkir yang harus segera dibenahi. Selain itu, tentunya juga keseriusan dari pada tim pengelola. Karena jelas wisata adalah sebuah potensi yang sangat menguntungkan dan tak akan ada matinya. “ Namun itupun jika dilakukan dengan pengelolaan yang profesional,” imbuhnya.

Namun jika melihat banyaknya pengunjung untuk saat ini yang datang ke Curug Pancuran disetiap hari libur, diperkirakan ada sekitar 200 sampai 300 orang. Malah saat libur panjang atau libur hari-hari besar bisa mencapai 500 pengunjung. Karenanya, jika  tidak segera ditata dan dikelola dengan baik, maka potensi itu tidak akan memberikan apa-apa bagi Desa Kemang.

Pihaknya berharap, apa yang hari ini direncanakan, dapat terealisasi dengan baik. “ Dan semoga pihak terkait dapat memberikan bantuan agar apa yang hari ini diprioritaskan dapat berjalan sesuai dengan harapan, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan warga Desa Kemang,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here