Laporan : Ace

Cianjur, metropuncaknews.com – Pemerintah Desa Ciwalen laksanakan Musyawarah Desa (Musdes). Kegiatan tersebut digelar  untuk menetapkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) baru di tiap keRtan. Hal tersebut dilakukan guna menindaklanjuti Surat Menteri Desa PDTT Nomor : 1261/PRI.00/IVI 2020 terkait Pemberitahuan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) dan Penanganan Covid-19.

Kegiatan tersebut digelar di Aula Kantor Desa Ciwalen. Nampak hadir pada Musdes tersebut Kepala Desa Ciwalen, Ketua BPD, Perangkat Desa, para Ketua RT/RW serta unsur lainnya, Rabu (22/7).

Kepala Desa Ciwalen Dadang Sutisna mengatakan, Musdes ini dilakukan untuk menetapkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT-DD sebanyak 222 KK di setiap RT.  

Menurut Dadang, Musdessus ini dilaksanakan untuk  menetapkan data calon KPM BLT-DD. Yakni dari Agustus sampai Oktober dengan nilai perbulannya sebesar Rp. 300.000,-. Ada pun yang akan menerimannya sebanyak 222 KK, sebagaimana daftar penerima sebelumnya.

” Bila calon penerima BLT-DD yang dinyatakan memenuhi syarat, selanjutnya akan diajukan pada bupati dan camat. Untuk data validasi yang akan disahkan sesuai ketentuan yang berlaku.

“ Hasil Validasi Bupati akan menjadi dasar penetapan Peraturan Kepala Desa (Perkades) tentang Pemanfaat BLT-DD 2020,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua BPD Ciwalen Ayi Hasanah, S.Pd M.Pd menyampaikan, setelah dilakukan pembahasan dan diskusi sebagaimana yang sudah disampaikan, pihaknya menyetujui beberapa hal yang sudah ditetapkan menjadi keputusan akhir dari Musyawarah Desa Khusus (Musdes).

Selanjutnya Ayi Hasanah mengimbau pada Ketua RT/RW agar  benar-benar mengklarifikasi masyarakat yang belum menerima bantuan. Selain itu, kondisinya tidak mampu. Hal itu dipandang perlu agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran. Jangan sampai orang yang mampu mendapatkan bantuan. Tapi yang tidak mampu tidak mendapat bntuan.

” Saya berharap dari hasil musyawarah ini semua data KPM baru di setiap RT di Desa Ciwalen memenuhi persyaratan sebagaiman yang sudah diterapkan, ” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here