Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Dipenghujung tahun 2020, Desa Ciherang Kecamatan Karangtengah Cianjur Jawa Barat, mendapat bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dari Pemprov Jabar melalui Dinas PUPR Kab. Cianjur.

Adapun jumlah jatah Rutilahu yang diberikan kepada pemerintah Desa Ciherang, sebanyak 20 unit untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Namun di akhir tahun 2020 ini, baru diberikan sebanyak 6 unit. Masing-masing anggaran Rp. 17.500.000,-. Dan sisanya akan diberikan pada tahun 2021.

Berikut rincian anggaran pembangunan Rutilahu, untuk pembangunan rumah Rp. 16.500.000,-, upah kerja Rp. 700.000,- , dan biaya operasional Rp. 300.000,- .

Kepada wartawan, Selasa (29/12), Ketua LPM Desa Ciherang, Ade Rusli mengatakan, program bantuan Rutilahu tahap pertama sebanyak 6 KPM di tahun 2020. Sisanya sebanyak 14 KPM ditahap berikutnya pada tahun 2021.

” Ya, untuk Rutilahu di Desa Ciherang ini mendapatkan 20 KPM, tapi terbagi menjadi dua tahap. Tahun 2020 6 unit dan sisanya ditahun 2021,” kata Ade.

Sementara itu, Kepala Desa Ciherang, Nyanyang Syarip Hidayat mengaku, sangat mengapresiasi sekali adanya bantuan Rutilahu di wilayah desanya itu. ” Saya sangat bersyukur dan mengapresiasi sekali adanya bantuan Rutilahu di Desa Ciherang ini,” akunya.

Nyanyang melanjutkan, meskipun di tahun 2020 ini baru 6 unit, tapi setidaknya di tahun 2021 pemerintah provinsi menyampaikan di tahun 2021 akan kembali menurunkan anggaran untuk Rutilahu di desanya itu.

” Karena ini adalah tugas pemerintah untuk membantu warga miskin, yaitu dengan cara merehab bangunan rumah tidak layak huni dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Terakhir, Nyanyang mengatakan, untuk membangun satu unit rumah layak huni itu, minimalnya harus mempunyai anggaran sebesar Rp. 30 sampai 50 jutaan. Nah untuk mensiasatinya, pihak pelaksana disini, memberdayakan masyarakat setempat atau swadaya masyarakat, sekaligus meningkatkan  jiwa gotong royong masyarakat.

” Alhamdulillah kerja sama semua pihak disini masih bisa terjalin, mudah-mudahan apa yang diberikan ini bisa benar-benar bermanfaat bagi penerimanya, meskipun uang yang diberikan itu masih kurang untuk pembangunan satu unit rumah layak,” ujarnya menegaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here