Laporan : Sandi

Cianjur, metropuncaknews.com – Pemerintah Desa Ciherang Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur, menggelar rapat koordinasi antara pemerintah desa dengan lembaga kemasyarakatan. Sekaligus persiapan pemilihan Ketua RT/RW. Kegiatan berlangsung di aula desa Ciherang,  Senin (18/01) mulai dari pukul 13.00 WIB.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Desa Ciherang, BPD, LPM, Danramil Karangtengah, Bhabinkamtibmas, Ketua RT/RW dan panitia pemilihan ketua RT/RW sewilayah Desa Ciherang.

Kepala Desa Ciherang, Nyanyang Sarip Hidayat mengatakan, pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi antara pemerintah desa dengan lembaga kemasyarakatan. Hal tersebut dilakukan guna membahas program APBD tahun 2001 yang terstruktur dan kebudayaan masyarakat.

” Selain itu kami juga punya agenda mengadakan pemilihan atau penjaringan perangkat desa, karena ada satu perangkat desa yang mengundurkana diri. Nah, maka dari itu, kami juga akan mengmumkan ke warga melalui RT/RW, untuk mngadakaan seleksi perangkat desa,” kata Nyanyang.

Tidak hanya itu saja, lanjut Nyanyang, untuk keRTan dan keRWan diwilayah Desa Ciherang ini, 95 persen sudah habis masa jabatannya. Makanya tadi juga sekaligus membahas pemilihan Ketua RT dan RW atau yang disebut Pilkaret (Pemilihan Ketua RT/RW).

” Sekarang lagi menyusun dulu atau sosialisasi dan tata tertib berkaitan Pilkaret tersebut, jangan sampai terjadi kerumunan. Artinya akan dilaksanakan secara kearifan lokal, demi mematuhi protokol kesehatan dan tadi juga sekaligus mensosialisasikan pengaturan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan adaptasi kebiasaan baru (AKB),” terangnya.

Selanjutnya Nyanyang mengatakan, masyarakat jangan panik apalagi stres, tetapi harus tetap waspada. Disini pihaknya mengajak ketua RT/RW, untuk bersama-sama berikan contoh pada masyarakat terkait pencegahan penyebaran virus covid-19.

” Dari agenda tersebut yang diinginkan di tahun  2021 ini, mudah-mudahan semua program terealisasi dan menjadi jawaban atas harapan  Desa Ciherang agar tetap mencrang caang,” tandasnya.

Sementara itu, Danramil 0608/Karangtengah Kapten Invanteri Ojang mengatakan, barusan sudah dilakukan rapat koordinasi Desa Ciherang. Salah satunya adalah sosialisasi tentang penerapan 3 M. Itu salah satunya. Kemudian rencana kelangsungan kegiatan operasi yustisi dan program-program desa itu sendiri.

” Selain daripada itu, tadi juga membahas rencana pemilihan ketua RT dan RW diwilayah Desa Ciherang,” kata Kapten Invanteri Ojang seusai menghadiri rapat tersebut.

Pada kesempatan itu Kapten Invanteri Ojang, menghimbau pada masyarakat supaya lebih mematuhi protokol kesehatan. ” Apabila menemukan hal-hal yang berkaitan dengan Covid-19, bisa dilaporkan ke Babinsa ataupun Bhabinkamtibmas desanya masing-masing. Kemudian terkait pelaksanaan ketuaRT/RW, diharapkan dilaksanakan secara terbuka, kemudian siapa saja yang terpilih nanti bisa melaksanakan tupoksi di daerahnya masing-masing,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here