Pemdes Cikupa Realisasikan Dana Desa Tahap 2 Untuk Pembangunan Jalan Usaha Tani Batuhawu – Ciparaya

0
48

Laporan : Yosep Candra Iskandar

Editor : Yanto Hidayat

Tasikmalaya, metropuncaknews.com – Warga Kedusunan Datarkadaka saat ini tengah sumringah, pasalnya akses jalan yang selama ini menjadi tumpuan untuk memudahkan daya angkut hasil bumi maupun pertanian kini sudah dibangun melalui program Jalan Usaha Tani (JUT) yang bersumber dari APBN Dana Desa (DD) Tahun anggaran 2022 Tahap 2.

Adapun volume jalan usaha tani yang menghubungkan jalan Batuhawu -Ciparaya tersebut sepanjang 330 m, dengan lebar 2,5 m dan tinggi 0,12 meter dengan anggaran sebesar Rp. 143.314.000, akses tersebut menghubungkan antara jalan Batuhawu Kedusunan Datarkadaka dan jalan Ciparaya Kampung Mekarjaya.

Menurut keterangan Didi salah satu Ketua RT di Kedusunan Batuhawu, ” Alhamdulillah Pak, akhirnya kami dan juga masyarakat bisa menikmati akses jalan bagus yang selama ini menjadi kendala di masyarakat disaat panen hasil pertanian, baik panen padi dan hasil Bumi lainnya.” ungkapnya.

Ditambahkan Didi, dengan adanya program ini, pengerjaan dilaksanakan secara bergilir masyarakat dari tiap RT, swadaya tenaga Alhamdulillah terlihat warga sangat antusias, karena ini merupakan program yang sudah menjadi keinginan masyarakat selama bertahun-tahun, jalan usaha tani ini memang panjang, namun kami sadar, ini disesuaikan dengan besaran anggaran yang ada, kalau dihitung sekitar 500 meter lebih untuk mencapai titik akhir, itupun sudah masuk kedusunan Mekarjaya, jelas Didi.

Sementara ditempat terpisah, menurut Jenal Mutaqin selaku Kasi Kesra, sebenarnya program Jalan Usaha Tani (JUT) ini yang didanai dari APBN Dana Desa (DD) Tahun 2022 Tahap 2 terbagi menjadi 2 titik, untuk titik pertama kami fokuskan di Kedusunan Datarkadaka tepatnya Jalan Batuhawu, sementara titik kedua di jalan Ciparaya Kedusunan Mekarjaya.

Insya Allah secepatnya setelah pengerjaan titik Batuhawu rampung, kami akan segera merealisasikan ke titik ke 2, kami bersama para lembaga Pemdes Cikupa, yang diantaranya, BPD, LPM, Karang Taruna, para Kadus dan Tokoh Masyarakat terus berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan program-program atau anggaran yang dikucurkan pemerintah sesuai dengan ketentuan dan arahan pendamping desa dan pihak-pihak yang terkait.

“Alhamdulillah berkat kerjasama dan dukungan semua pihak terutama warga dan tokoh di titik program yang sedang berjalan, swadaya tenaga dari masyarakat sangat antusias dan jiwa gotong royong masih tertanam, hingga proses pengerjaan pun berjalan lancar dan cepat,” tutur Jenal kepada MPN.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here